Inilah 5 Amalan di Bulan Rajab Selain Puasa

Amalan bulan rajab selain puasa perlu sobat kanalmu juga kejar untuk mendapatkan lebih banyak ridho dan juga pahala dari Allah SWT pada bulan mulia di kalender hijriyah ini.

Seperti yang kita semua ketahui bahwasanya salah satu amalan yang sering dilakukan oleh umat muslim ketika bulan rajab datang adalah puasa bulan rajab, namun demikian tidak sedikit yang meninggalkan amalan lain yang tidak kalah besar pahala yang akan didapatkannya.

Oleh sebab itu sobat kanalmu perlu melakukan penambahan amalan baik lainnya di bulan rajab selain dengan melakukan puasa di bulan ini.

Amalan bulan rajab selain puasa

amalan bulan rajab selain puasa - kanalmu
amalan bulan rajab selain puasa – via Pixabay

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya bulan rajab memiliki keutaman yang luar biasa, selain itu pada bulan ini tepatnya adalah tanggal 27 rajab akan diperingati sebagai hari besar islam isra miraj.

Adapun untuk amalan penting dan tidak kalah besar pahalanya di bulan rajab selain puasa adalah sebagai berikut ini.

5 Amalan penting bulan rajab selain puasa

Untuk daftar amalan penting dibulan rajab yang bisa kita lakukan selain melakukan puasa adalah sebagai berikut.

1. Sholat Tepat Waktu

Seperti yang semua kita ketahui bahwasanya Nabi Muhammad SAW mendapatkan tugas atau perintah melaksanakan Sholat Wajib ketika melakukan isra miraj pada bulan rajab.

Oleh sebab itu melaksanakan sholat lima waktu secara tepat waktu akan menjadikan pahala yang sama besarnya dengan melaksanakan amalan puasa bulan rajab.

2. Melakukan amalan sedekah

Selain melaksanakan sholat tepat waktu dan juga puasa bulan rajab, sobat kanalmu juga perlu melakukan perbanyak amalan dalam bentuk sedekah.

Diriwayatkan dalam salah satu hadist bahwasanya ” Barang siapa yang melakukan amalan baik bersedekah pada bulan rajab, Allah SWT akan menjauhkan manusia dari Api Neraka sejauh jarak tempuhnya burung gagak terbang bebas dari sarang sampai dengan mati karena sudah tua“.

Baca Juga :  20+ Contoh ucapan hari wafat isa almasih atau jumat agung yang inspiratif

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasnya ada beberapa pendapat bahwasanya usia burung gagak bisa mencapai umur lima ratus tahun.

Tentu dengan melaksanakan amalan baik tersebut kita akan mendapatkan banyak bahala yang tak ternilai harganya.

3. Perbanyak doa bulan rajab

Adapun amalan bulan rajab selain puasa lainnya adalah melakukan perbanyak doa bulan rajab.

Dan dari salah satu riwayat disampaikan bahwasanya ketika memasuki bulan Rajab Nabi Muhammad SAW membaca doa.

Berikut ini adalah kutipan bacaan doa menyambut bulan rajab yang juga merupakan salah satu amalan baik.

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa ” Artinya : Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban, sampaikan umur kami hingga dapat beribadah di bulan Ramadhan

4. Perbanyak amalan istigfar di bulan rajab

Sobat kanalmu juga bisa melakukan amalan bulan rajab dengan perbanyak istigfar, adapun untuk untuk bacaan istigfar pagi dan sore di bulan ini adalah sebagai berikut ini.

Rabbighfirli warhamni watub ‘alayya ” Artinya : Ya Tuhanku ampunilah aku, rahmatilah aku, dan terimalah taubatku.

5. Banyak baca saayyidul istigfar pagi dan petang

Selain bacaan amalan istigfar diatas, kita semua juga dianjurkan untuk melakukan amalan baca saayyidul istigfar berikut ini.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan Amalan Bulan Rajab Selain Puasa yang dapat mendatangkan banyak pahala dan juga ridho dari Allah SWT.

Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Hari Ini Kota Sorong – Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

Mudah-mudahan sedikit sharing ini bisa memberikan manfaat, khususnya bagi kamu dan umumnya untuk sobat semua.