Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 pernak-pernik natal dan maknanya

Pada perayaan hari natal menjadi salah satu momen yang bikin selalu terkenang karena semua keluarga berkumpul, dan dari sini cinta kasih dan kehangatan keluarga akan sangat terasa. Tidak hanya itu saja untuk mempersiapkan hari penting ini, rumah biasanya di hias dengan pernak-pernik natal.

Dan pada umum yang diketahui sobat kanalmu pastinya adalah adanya tokoh sinterklas dan juga pohon natal, namun demikian perlu kamu ketahui bahwasnya ada beberapa aksesoris lain yang menjadi pernak-pernik natal dan memiliki makna yang sangat mendalam.

Jadi sobat kanalmu bisa mempersiapkan berbagai pernak-pernik ini jauh-jauh hari dan bisa juga cari cari pada marketplace jual beli seperti shopee, bukalapak maupun tokopedia.

10 pernak-pernik natal dan maknanya

pernak pernik natal dan maknanya - kanalmu
pernak pernik natal dan maknanya - sumber : pinterest

Karena masih banyak yang belum mengetahui pernak pernik natal apa saja ? Melalui ulasan kanalmu kali ini team kami akan berbagi informasi terkait hal tersebut.

Adapun pernak-pernik untuk perayaan hari raya natal yang diperingati setiap tanggal 25 desember di seluruh dunia adalah sebagai berikut ini.

1. Pohon Natal

Hal pertama yang selalu harus ada dalam perayaan hari raya natal baik dirumah maupun di kantor adalah hiasan pohon natal dengan berbagai pernak-pernik didalamnya seperti hiasan slinger atau garland.

Adapun dari pohon natal sendiri memiliki makna sebagai bentuk penjaga rumah beserta keluarga yang didalamnya dari berbagai roh jahat dan juga penyakit yang kemungkinan terjadi saat natal.

2. Rangkaian bunga bundar 

Adapun nama lain dari pernak pernik natal berbentuk bunga dan juga daun melingkar bundar ini adalah wreaths. Dan aksesoris ini wajib ada, dan biasanya ditaruh pada bagian pintu dan juga jendela.

Dan untuk makna dari wreaths itu sendiri bentuk dari kesempurnaan, dan juga sebuah persatuan dari natal itu sendiri, sedangkan di taruh pada jendela dan juga pintu melambangkan bentuk keberuntungan bagi yang merayakan hari raya natal.

3. Lonceng Natal

Benda atau aksesoris lain yang tidak boleh luput ketika perayaan hari raya natal adalah lonceng, dimana benda tersebut sebagai bentuk simbol keceriaan dan suasana kebagagiaan.

4. Hiasan kertas atau Tinsel

Adapun hiasan ini terbuat dari kertas karton warnanya metalik, dan untuk makna dari tinsel sendiri adalah sebagai bentuk cahaya dalam perayaan hari raya natal. 

Dan biasanya aksesoris ini ditempatkan pada hiasan pohon natal, pintu dan ketika mendapat cahaya akan dipantulkan dan berbentuk indah.

5. Kaos kaki natal

Dan yang tidak ketinggalan dari pernak pernik natal lainnya adalah kaos kaki, dimana banyak yang memiliki pertanyaan mengapa natal indentik dengan kaos kaki ? Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya banyak yang memiliki kepercayaan setiap keinginan anak-anak dituliskan ke kaos kaki dan sinterklas akan memasukan hadiah didalamnya.

6. Gingerbread men

Diawal-awal gingerbread men ini hanya terkenal di eropa saja, yang mana bentuknya malaikat dan juga santa claus, namun demikian seiring berjalannya waktu juga banyak digunakan sebagai pernak-pernih natal seluruh dunia.

Adapun bread ini pertama kali dikenalkan oleh ratu eliszbeth, dan memiliki makna kasih dan juga cinta yang dimiliki seseorang.

7. candy cane

Permen unik ini atau lebih dikenal dengan candy cane tidak juga luput pada perayaan hari raya natal, dimana permen yang terdapat garis-garis ini bukan sekedar cemilan namun demikian memiliki makna mendalam yaitu maknanya berupa kekuatan yesus menyembuhkan dan juga simbol darah yesus yang tumpah ke salib untuk menjadi hidup kekal.

8. Kado Natal

Kemudian kado yang dijadikan sebagai tukar kado untuk perayaan natal, dan disebutkan bahwasanya tradisi ini sudah ada sejak kelahiran yesus. Adapun kado natal sendiri memiliki makna pemberian anugrah kepada sesama.

9. Santa claus / sinterklas

Santa claus atau sinterklas selalu ada dan hadir setiap perayaan natal untuk memberikan sebuah kejutan. Dan memiliki aksosris sinterklas memiliki makna dan harapan bisa membawa anugrah dan juga kebahagiaan suka cita di perayaan natal.

10. Bintang

Adapun hiasan terkahir pada pohon natal adalah bentuk aksesoris bintang yang diletakan diatas pohon natal, dan inibukan hanya sekerdar hiasan namun memiliki makna dan harapan petunjuk akan dipertemukan dengan yesus.

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan pernak-pernik natal yang memiliki banyak makna mendalam didalamnya. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bermanfaat untukkamu semua.

Jangan lupa merayakan natal tahun ini dengan ucapan selamat natal 2021 penuh dengan makna yang berkesan.