Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh jenis-jenis asuransi di indonesia sebagai produk perlindungan terbaik

Seperti yang kita ketahui bahwasanya asuransi merupakan salah satu lembaga yang mengelola keuangan non bank. Namun demikian banyak yang menggunakannya sebagai salah satu alternaif investasi untuk menjamin perlindungan atas resiko dikemudian hari yang tidak dapat diduga.

Lalu apakah itu asuransi ? Asuransi adalah bentuk kesepakatan antara dua pihak, yang mana pihak pertama berkewajiban membayar premi dengan harga tertentu sesuai dengan perjanjian, sedangkan untuk pihak lainnya merupakan penanggung akibat dari pembayar premi jika ada resiko tidak terduga dikemudian hari.

Dan untuk jenis-jenis asuransi sendiri cukup banyak jenisnya, tergantung dimana fokus untuk jenis jaminan perlindungannya. Maka dari itu sobat kanalmu yang mau berencana memanfaatkan keunggulan dari asuransi terbaik, sebaiknya mengetahui dahulu apa saja jenisnya.

Dengan demikian kamu bisa menyesuaikan apakah yang akan sobat jamin perlindungannya, apakah terkait dengan biaya kesehatan, pendidikan anak, jaminan asset baik itu property, kendaraan bermotor maupun lainnya.

Dengan adanya berbagai fokus jenis asuransi ini, maka perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan harga premi berdasarkan dengan jenis asuransi yang akan dipilih oleh calon pemegang polis.

Jenis-jenis asuransi di Indonesia jaminan perlindungan terbaik

jenis-jenis asuransi - kanalmu
jenis-jenis asuransi - kanalmu

Seperti yang sudah team kanalmu sampaikan sebelumnya, bahwasanya ada banyak jenis asuransi yang ada di Indonesia ini, dan berikut ini adalah beberapa contohnya yang populer dan menjadi pilihan terbaik dari masyarakat.

1. Jenis asuransi jiwa

Adapun untuk jenis asuransi terbaik pertama yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah asuransi jiwa. Yang mana jenis ini dikhususkan untuk mereka yang akan melindugi dari resiko kematian dan juga nasabah yang tidak dapat lagi mencari nafkah karena kecelakaan.

Jadi keluarga nasabah akan mendapatkan jaminan atas kelangsungan hidup dimasa depannya, walaupun orangtua mereka sudah tidak mampu mencari nafkah.

2. Jenis asuransi kesehatan

Untuk jenis asuransi selanjutnya yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama mereka yang bekerja adalah asuransi kesehatan.

Dengan adanya asuransi ini, bisa dimanfaatkan jika suatu saat membutuhkan biaya sepenuhnya untuk berobat di rumah sakit maupun untuk perawatan. Adapun untuk tipe asuransi kesehatan ini juga ada beberapa macam salah satunya All Risk.

Dimana untuk kelas perusahaan menengah dan besar memanfaatkan layanan ini sebagai salah satu fasilitas untuk karyawan atau pekerjanya.

3. Jenis asuransi properti 

Sedangkan untuk asuransi property ini gunanya untuk melindungi atau proteksi atas kepemilikan asset dan juga properti atas beberapa kejadian tertentu.

Sebagai contoh adalah adanya pencurian, bencana alam, kesuruhan, kebakaran dan banyak lagi yang memungkinkan asset rusak diakibatkan oleh sesuatu sesuai dengan kesepakatan pada perjanjian asuransi.

Adapun untuk jenis asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di area rawan dan memiliki banyak asset properti.

4. Jenis asuransi kendaraan

Untuk sobat kanalmu yang memiliki kendaaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil, jika ingin kendaraannya aman dan mendapatkan perlindungan dari tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan dan juga berbagai kejadian tidak diinginkan seperti tabrakan kecelakaan, wajib kamu ikutkan asuransi kendaraan terbaik.

Dimana asuransi ini memiliki fungsi untuk lindungi kendaraanmu atau kamu atas kejadian yang menimpamu sesuai pada perjanjian di awal registrasi asuransi kendaraan.

Untuk jenis asuransi kendaraan sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang cukup populer adalah All Risk dan total loss only.

Yang mana untuk total loss only menanggung resiko kerusakan total dan juga kehilangan, sedangkan untuk All risk memiliki banyak cangkupan seperti kehilangan, dan juga kerusakan kendaraan, termasuk kerusakan ringan seperti beret atau lecet-lecet.

5. Jenis asuransi perjalanan

Bagi sobat kanalmu yang memiliki hoby traveling, sebaiknya untuk memanfaatkan asuransi perjalanan untuk perlindunganmu atas kejadian tidak pasti dimasa depan.

Dimana asuransi perjalanan ini memberikan layanan proteksi pada resiko yang kemungkinan terjadi pada saat melakukan perjalanan.

Seperti koper hilang, kecelakaan saat berlibur, dan juga mengalami sakit saat melakukan perjalanan traveling.

Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya jika kamu akan mengunjungi berbagai destinasi wisata ke eropa diwajibkan untuk memiliki asuransi perjalanan, sebagai jaminan perlindungan atas dirimu.

6. Asuransi bisnis

Memiliki bisnis dan usaha selain mencari hari baik saat membukanya, sobat kanalmu juga perlu melakukan asuransi bisnis atas asset dan juga karyawan yang kamu miliki, atas kejadian yang kemungkinan terjadi dikemudian hari.

Salah satu contoh yang paling bisa dilihat adalah adanya jaminan asuransi kesehatan yang dimiliki karyawan, merupakan bagian dari asuransi bisnis.

Selain itu juga bisa sebagai perlindungan atas bisnis kamu yang di suatu saat nanti tidak lancar lagi.

7. Asuransi pendidikan

Sedangkan untuk jenis asuransi pendidikan ini sangat berguna untuk menjamin biaya pendidikan anak didalam keluargamu dimasa mendatang.

Dan jenis asuransi ini, saat ini banya di lirik oleh para orangtua, mengingat biaya pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat.

8. Asuransi disabilitas

Adapun untuk asuransi disabilitas merupakan sebuah perlindugan atau menjaga kelangsungan hidup nasabah yang menjadi difabel akibat cacar karena kejadian tertentu, semisal kecelakan, dan juga kecelakaan kerja.

Dan bagi mereka yang memiliki pekerjaan dan resikonya cukup tinggi sebaiknya untuk menggunakan asuransi ini untuk jamin perlindungan kehidupannya dimasa depan.

9. Asuransi kelautan

Dan untuk jenis asuransi kelautan ini, memiliki perlindungan atas usaha yang ada di laut dan juga usaha dan bisnis logistik via laut.

Adapun jaminan perlindungan meliputi kapal besar yang alami kerusakan, kargo hilang, kecelakaan kapal cargo dan juga nelayan yang tidak bisa melaut akibat cuaca buruk akibat alam.

10. Jenis asuransi dana pensiun

Untuk jenis asuransi dana pensiun sudah pastinya sobat kanalmu menduga, bahwasanya untuk nasabah yang pegang polis ini diperuntukan mereka yang memiliki pekerjaan dengan masa pensiun.

Dengan harapan dengan asuransi ini, masa pensiun yang dijalani menjadi lancar, berkecukupan dan perlindungan yang aman.

11. Asuransi kredit

Asuransi kredit akan memberikan perlindungan kepada kedua belah pihak yaitu pemegang polis dan juga pihak perbankan atau lembaga penyelenggara keuangan.

Dimana untuk jenis produk ini bisa melindungi resiko atas ketidakpastian masa depan yang tidak dapat melakukan pelunasan kreditnya.

Dengan demikian beban dari seorang yang melakukan kredit akan mengalami keringanan dari kewajiban atas pembayaran bank, dan kemudian bank akan menerima pelunasan kredit dari penyelenggara asuransi.

Kesimpulan

Dari uraian yang team kanalmu diatas sampaikan terkait dengan jenis-jenis asuransi yang ada di indoneisa ada banyak. 

Untuk itu sobat kanalmu yang akan menggunakan atau memanfaatkannya, haruslah menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Dan sebaiknya sebelum memutuskan pakai asuransi, untuk mempelajari setiap produk yang ditawarkan agar tidak merasa dirugikan dikemudian hari.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu kamu untuk, mencari referensi asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.