Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara cek bantuan blt 300 ribu online di dtks.kemensos.go.id

Cara cek bantuan blt 300 ribu online bisa sobat kanalmu lakukan untuk bulan ini, apabila saat ini kamu terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan stimulus pandemi covid tersebut. Seperti yang bisa kita sudah dapatkan informasinya melalui pesan dari menteri sosial yang baru yaitu Tri Rismamaharini, bahwasanyan untuk dana bantuan BLT 300 sudah bisa dicairkan per tanggal 4 januari tahun 2021 ini. 

Dimana kementrian terkait untuk melakukan penyaluran dana bantuan tersebut bekerjasama dengan POS indonesia dengan target penyaluran diupayanakan bisa merata dalam waktu 1 minggu. Perlu sobat kanalmu juga ketahui bahwasanya selain jenis bantuan ini untuk PKH dan juga program sembako  BNPT juga akan diperpanjang.

Dan bagi kamu atau saudara kamu yang saat ini telah mendapatkan program bantuan stimulus yang diperpanjang ini, sebaiknya untuk melakukan krocek apakah data dirimu sudah masuk dalam daftar list atau belum, yang mana untuk pengecekan ini bisa dilakukan secara online menggunakan internet pada HP / smartphonemu.


Cara cek bantuan BLT online menggunakan NIK di dtks.kemensos.go.id

Untuk melakukan pengecekan apakah bantuan BLT sudah turun atau belum, sobat kanalmu bisa lakukan secara mandiri, dengan cara bisa pinjam HP/ Smartphone tetangga yang memiliki koneksi internet. Adapun pengecekan itu bisa kamu lakukan melalui DTKS kemensos. 

Namun bagaimana cara pengecekan BLT secara online ? Adapun untuk cara pengecekannya bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

cara cek bantuan blt 300 ribu online - kanalmu
cara cek bantuan blt 300 ribu online - kanalmu

  1. Ambil laptop / HP kemudian buka browser bisa firefox rekomendasi chrome
  2. Masukan alamat DTKS Kemensos di laman broswer ( dtks.kemensos.go.id)
  3. Cek pada bagian atas kolom pencarian data penerima bantuan sosial tunai atau seperti pada kolom dilingkari merah seperti gambar diatas.
  4. Pada kolom pertama pilih NIK kemudian masukan NIK sesuai KTP mu
  5. Di kolom selanjutnya isikan NAMA LENGKAP pastikan sudah sesuai KTP
  6. Kemudian pada kolom MASUKAN KODE, masukan kode yang ada pada tempat sebelumnya
  7. Apabila sudah di isi data semua dan dimasukan kodenya kemudian tekan tombol CARI
  8. Dan kemudian akan muncul laman baru yang berisi keterangan pencarian berhasil, dimana pada layar tersebut akan muncul data detail calon penerima dari alamat, kelurahan, kecamatan lengkap.
  9. Apabila kamu memang sudah benar terdaftar sebagai penerima bantuan kan mendapatkan BST sebagai salah satu KESERTAAN dengan keterangan IYA / IKUT, namun jika tidak masuk daftar calon penerima keterangan TIDAK.

Siapa yang berhak menerima bantuan BLT 300 ribu dari kemensos ?

Apakah saat ini anda sudah mengeceknya namun tidak masuk dalam daftar pada bantuan DTKS kemensos terebut sebagai salah satu penerima bantuan BLT. Untuk itu kamu perlu ketahui terlebih dahulu bahwasanya ada beberapa syarat bagi masyarakat yang bisa menerima bantuan 300 ribua ini, adapun berikut ini adalah beberapa syarat wajib penerima.

  • Bagi mereka keluarga yang terdapat sebagai anggota PKH yang NIK ( Nomor Induk Kependudukan ) masuk dalam daftar data DTKS ( Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ) Kemensos.
  • Bagi mereka keluarga penerima manfaat KPM, PKH (Program keluarga harapan), yang mana belum menerima bantuan sosial (Bansos).

Apabila sobat kanalmu belum masuk daftar penerima bantuan BLT ( Bantuan Langsung Tunai )tersebut namun masuk dalam beberapa kategori diatas dan ingin mengajukan bisa langsung kemasing-masing pemerintah setempat untuk mendaftarkan diri, nantinya dari pemerintah setempat akan melakukan kroscek dan mengajukan kepemerintah pusat.

Cara mengajukan sebagai penerima bantuan kemensos


Adapun caranya yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk dalam daftar penerima bantuan, apabila memenuhi persyaratan diatas terkait BLT kamu bisa laporkan diri secara mandiri kepada pemerintah kelurahan atau desa pada bagian PUSKESOS ( Pusat Kesejahteraan Sosial ), yang mana pemberitahuan ini sesuai dengan adanya edaran pemutakhiran DTKS oleh kemenkopmk.go.id

Apabila dari pengajuan sobat kanalmu sesuai dengan persyaratan yang berlaku, maka akan dilakukan pembaharuan data yang nantinya akan disetor dalam DTKS. Untuk persyaratan pengajuannya kamu tinggal bawa KTP dan juga KK.

Besar harapan pemerintah bahwasanya bantuan ini bisa sampai kepada masyarakat yang tidak mampu dan memang benar terkena dampak dari pandemi ini.

Cara mencairkan bantuan BLT 300 ribu

Adapun untuk pencarian bantuan dana BLT 300 ribu yang berasal dari pemerintah khususnya kemensos sobat kanalmu bisa kekelurahan dengan membawa undangan dari pemerintah setempat. Apabila pada nyatanya kamu belum mendapatkan informasi sebaiknya ditunggu yang mana pegawai POS indonesia akan kirimkan surat tersebut ke rumah penerima bantuan.

Yang mana bantuan bansos ini nantinya akan disalurkan langsung oleh POS indonesia dan akan diantarkan lansung kepada penerima, terlebih bagi mereka yang sudah lanjut usia atau sakit dan juga stabilitas.

Kesimpulan

Demikianlah cara cek bantuan blt 300 ribu secara online yang mana bisa langsung dilakukan melalui website resminya pemerintah di dtks.kemensos.go.id melalui browswer hp maupun laptop. Semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda yang sedang mencari informasi terkait.