Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 9 tips dan cara gampang merawat ban motor agar awet bisa digunakan waktu lama

Kanalmu.com - Sobar biker terlalu sering ganti ban motor, padahal dalam kurun waktu belum lama. Bisa jadi ini karena ban yang kamu gunakan bermasalah, namun yang lebih sering terjadi akibat kurang perawatan pada ban yang menyebabkan cepet aus kemudian menjadi rusak.

Namun sepeda motor yang dimiliki oleh orang tepat dan sering melakukan perawatan sudah tentu ban motor mereka, bisa awet tahan lama meskipun sudah dipakai dalam jangka waktu yang sudah cukup lama. Dan sudah tentu ini akan memperkecil pengeluaran budget untuk pembelian ban baru jika kamu bisa melakukan perawatan dengan baik dan benar.

Ban aus pengaruh pada akselerasi motor

cara gampang merawat ban motor agar awet

Apabila kondisi ban motor kamu dalam kondisi yang aus dan tidak kamu segera ganti dengan yang baru akan berdampak pada akselerasi motor kamu, ketika dipakai rasanya kurang enak dan bahkan menimbulkan masalah sering bocornya ban dalam.

Namun ini tidak akan terjadi jika sobat bikers selalu memperhatikan dan memberikan perawatan lebih pada sepeda motor yang dimiliki. Dengan adanya perhatian lebih sudah tentuk juga akan membantuk ban motor menjadi anti bocor.

Sobat bikers bisa memiliki ban motor yang kondisi baik dalam jangka waktu cukup lama jika dilakukan cara perawatan yang benar, kamu tidak perlu kwatir akan memakan waktu kamu hanya untuk mengurusi motor, karen ada cara gampang rawat ban motor.

Tips dan cara gampang merawat ban motor agar awet

Tidak cukup hanya memperhatikan pada bagian angin yang mengisi tekanan ban, namun ada beberapa cara lain yang harus sobat bikers kanalmu lakukan agar ban motor kamu bisa awet dan tahan lama. Adapun berikut ini adalah beberapa tips dan cara mudah dalam perawatan ban motor kamu.

1. Gunakan ban sesuai ukuran

Untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya untuk melakukan modifikasi ban cacing digindarkan bagi sobat bikers, karena ini akan menjadikan ban cepet rusak, dan juga memenuhi standart dari penggunaan.

Kanalmu sarankan untuk selalu menggunakan velg motor dan juga ban motor baik dalam maupun luar sesuai dengan ukuran yang default dari pabrikan. Karena ban ukuran bawaan pabrik sudah dilakukan proses perhitungan serta kesesuaian antara jenis motor, type ban dan juga velgnya agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Perhatikan pentil ban

Hsl kedua ini sangat perlu kamu perhatikan karen jika tidak bisa menyebabkan kebocoran ban dalam dan mengakibatkan kerusakan ban luar jika dibiarkan dalam waktu cukup lama. Pentil ban usahakan untuk selalu tertutup dan jaga jangan sampai terjadi kebocoran. 

Untuk melakukan kroscek sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu tertentu secara rutin, dan jika ingin mengetahui terjadinya kebocoran pada pentil, kamu bisa memanfaatkan air yang diteteskan pada pentil ban motor, jika terdapat gelembung berarti terjadi kebocoran, dan apabila ini terjadi segera lakukan untuk pergantian dengan pentil baru untuk menghindari kerusakan pada komponen lain.

3. Perhatikan beban Motor

Saat kamu mengangkut barang atau dalam melakukan boncengan jangan membawa muata yang berelebihan karena ini bisa menyebabkan ban motor gundul, terlebih jika kamu gunakan dalam waktu perjalanan jarak cukup jauh.

Karena motor memiliki beban maksimal dalam membawa penumpang atau barang dan pastikan tidak melebihi beban yang ada. Dan kamu usakan agar dalam waktu 10.000 km untuk cek bagian ban untuk menghindari kerusakan yang terjadi.

4. Isi udara ban motor

Isi tekanan udara sesuai anjuran pabrikan motor, karena jika tidak akan bahaya ban kuranga angin atau ban motor terdapat kelebihan tekanan angin. Karena jika tidak diperhatikan dengan baik untuk tekanan udaranya akan menjadikan ban habis tidak rata dan juga tarikan akselerasi motormu tidak cukup baik.

5. Pastikan ban bersih

Selalu jadwalkan dengan rutin untuk memberihkan pada bagian ban, terlebih jika kamu sering gunakan ban motor dalam posisi jalanan yang becek yang mana ini bisa mengakibatkan ban motor cepet aus.

6. Cek kondisi pada bagian roda

Pastikan tidak terjadi goyangan pada bagian roda, seperti gear, rantai dan juga pemasangan roda motor. Dan apabila terjadi goyangan yang kamu rasakan, sebaiknya untuk memperbaiki agar menghindarkan kerusakan berlebihan pada ban yang mana umumnya habis tidak rata.

7. Lama parkir dibawah terik dan hujan

Apabila sobat bikers terlalu sering melakukan parkir pada saat cuana hujan dan sinar matahari bersinar dengan teriknya, ini akan menyebabkan keruskan pada ban yang akan menjadi lebih keras kemudian retak.

Maka dari itu jika kamu akan parkir motor dalam jangka waktu cukup lama usahakan untuk selalu mengunakan cover motor.

8. Hindari penggunaan rem dadak/ hard brake

Penggunaan rem secara dadak akan menyababkan sebagian ban gasruk aspal berlebihan, sudah tentu jika ini dilakukan terlalu sering akan menyebabkan ban motor cepet aus dan menjadi rusak.

9. Gonta ganti velg motor

Untuk sobat bikers yang hobi melakukan modifikasi velg motor dan cara mengaonta-ganti velg ini tidak baik apabila ban yang digunakan adalah ban yang sama, karena ini akan menyebabkan ban sering dicopot kemudian di pasang lagi yang dapat menjadikan ban motor rusak.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi, cara gampang merawat ban motor agar bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Post a Comment for "Inilah 9 tips dan cara gampang merawat ban motor agar awet bisa digunakan waktu lama"