Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 bahaya dari dampak ban motor kurang angin dan kelebihan angin

Kanalmu.com - Sobat bikers pasti agak cuek pada ukuran tekanan udara yang terdapat pada motor kesayangannya. Namun apakah sobat tahu ? jika terdapat kekurangan atau kelebihan angin dapat menyebabkan banyak kerugian bagi kamu.

Kerugian ini bukan hanya pada motornya saja karena juga kamu yang akan mengeluarkan uang lebih jika terjadi sesuatu dijalanan yang diakibatkan kerusakan pada ban motor yang kekurangan angin. Hal ini tidak cukup mengapa, namun apabila menyebabkan kecelakaan motor karena ban kekurangan angin kan yang rugi pasti sobat bikers semua.

Kroscek motor berkala menghindarkan kerusakan berkepanjang

bahaya ban kurang lebih angin

Maka dari itu jika memiliki kendaraan motor sebaiknya dirawat dengan baik, karena untuk membelinya butuh biaya yang tidak sedikit, sedangkan untuk masalah perawatan motor sebenarnya tidak harus dengan biaya yang mahal, namun kamu bisa lakukan kroscek secara rutin dan apabila ada satu kerusakan langsung kamu perbaiki ini akan lebih menghemat biaya jika nanti malah terjadi kerusakan tambahan akibat karena adanya satu kerusakan semisal ban motor yang kurang angin.

Pada setiap jenis motor baik itu bebek, matic, sport dan juga trail miliki ukuran tekanan angin berbeda-beda. Maka dari itu setiap pembelian motor baru dari dealer selalu disarankan untuk menggunakan ukuran tekanan udara tertentu. Pihak dealer menyampaikan maksut ini bukan hanya untuk kepentingan merekan namun untuk anda agar ban motor selelau baik dan dalam keadaan prima.

Ada baiknya untuk pengecekan angin ini dilakukan berkala semisal dalam semigu sekali  agar ukuran tekanan angin ban bisa diketahui, karena jika kurang atau lebih akan menyebabkan beberapa dampak bahaya.

Dampak bahaya menggunakan ban motor kekurangan angin

Adapun dampak bahaya dalam menggunakan motor yang ban nya kekurangan angin atau kelebihan adalah sebagai berikut ini, harap sobat bikers baca sampai dengan selesai dan kamu terhindarkan dari dampak tersebut.

1. Motor tarikannya berat

Karena disebabkan oleh ban kekruangan angin dan kemudian ban motor hampir menyentuh jalanan, yang akan mengakibatkan tekanan ban pada jalan lebih kuat. Terlebih jika kamu membawa beban yang cukup berat ini akan lebih menjadikan motor kamu ditarik gasnya semakin berat. 

Tidak cukup itu, pengendara jadi kurang cukup nyaman dan responsif saat mau nancap gas yang berlebih pada jalanan posisi aman.

2. Ban motor permukaan habis tidak merata

Apabila sobat bikers terlalu sering membiarkan ban motor kamu kekurangan angin lama, akan menyebabkan ban cepet aus secara tidak merata. Dan itu akan menyebabkan ban bagian tengan nekuk keatas kemudian sisi samping bang cepet tergerus aspal, yang mana akan cepat menjadikan ban motor bagian samping cepet habis.

3. Motor jadi boros bensin

Sperti yang kami sampaikan sebelumnya dengan kekurangan angin pada ban motor, menjadikan tekanan ban semakin berat karena nempel pada permukaan jalanan, hal ini juga menjadikan tarikan tuas semakin dalam yang mana menjadikan motor lebih boros sama dengan bahan bakar minyak (BBM).

Maka dari itu sebaiknya kamu isi udara ban sesuai dengan anjuran dari dealer atau aturan pabrikan motor.

4. Ban pada benjol

Akibat kurang angin juga dapat menyebabkan benjolan pada sisi samping ban motor yang mana ini mengakibatkan sidewall jadi kurang kuat saat terjadi benturan cukup keras dan dapat menyebabkan konstruksi ban rusak.

5. Benang dan kawat ban putus

Karena akibat beban yang terlalu banyak dan ban motor ukuran tekanannya tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada ban yang mana kawat dan benang bisa putus tanpa kita sadari. Apabila sudah terjadi hal seperti ini bisa menyebabkan ban dalam pecah. 

Dengan demikian sobat bikers harus mengeluarkan dana dobel untuk membeli ban dalam dan juga luar karena kerusakan yang cukup parah.

Inilah bahayan ban kelebihan angin

Tidak hanya kekurangan angin yang menyebabkan dampak negatif, karena kelebihan angin pada tekanan ban juga memberikan dampak yang tidak baik juga. Dampak negatifnya kurang lebih sama dengan kekurangan angin, namun ada salah satu yang cukup membedakan bahaya ban lebih angin daripada kurang angin.

Adapun berikut ini adalah bahaya ban motor yang tekanan anginnya berlebihan, maka dari itu sebaiknya cepat kurangi sesuai dengan anjuran saat beli motor.

6. Bagian tengah ban cepet aus

Karena terlalu berlebih angin pada ban, akan menjadikan ban yang menyentuh pada bagian aspal hanya pada bagian tengahnya saja, maka dengan demikian akan menjadikan bagian tengah ban ini cepet aus dan juga rusak.

Yang mana jika kamu melakukan pengereman pada motor bisa membuat kamu tergelincir apabila kondisi jalanan sedang basah.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi bahaya dampak dari ban motor yang kekurangan dan kelebihan angin, mudah-mudahan dengan adanya ulasan ini, sobat bikers selalu melakukan kroscek berkala untuk bagian tekanan udara dan juga merawat ban motor.

Post a Comment for "Inilah 6 bahaya dari dampak ban motor kurang angin dan kelebihan angin"