Begini Cara Gampang Membedakan BPKB Kendaraan Asli dan Palsu

Kanalmu.com - Sobat bikers pasti sepakat jika kendaraan bermotor bukanlah barang mewah lagi, karena saat ini banyak masyarakat yang memiliki lebih dari satu kendaraan dirumahnya, baik itu mobil maupun motor. Banyaknya kepemilikan motor ini tidak terlepas dari kemudahan dalam mendapatkannya, salah satunya adalah karena proses kredit yang bisa kamu lakukan untuk membeli motor jika tidak memiliki uang cash. 

Tidak hanya itu, selain faktor kredit kamu juga bisa mendapatkan kendaraan dengan mudah dengan cash karena bisa beli motor, mobil secara bekas. Sudah pasti harganya jauh lebih miring dan jika sobat pinter memilih dengan teliti akan mendapatkan kendaraan yang peformanya tidak kalah dengan mobil baru.
cara gampang membedakan bpkb asli atau palsu

Membeli Motor, Mobil Second

Namun untuk membeli motor secara second sobat bikers kanalmu harus memperhatikan beberapa hal, antara lain adalah masalah kelengkapan surat-surat berharga STNK dan BPKB. Dua surat ini tidak cukup hanya ada namun kamu harus pastikan keaslian dari surat berharga dari kendaraan yang akan kamu dalam keadaan habis pakai. 

Bisa saja BPKB yang kamu dapatkan adalah aspal (asli tapi palsu), karena saat ini banyak oknum yang melakukan pemalsuan surat berharga itu untuk demi mendapatkan keuntungan tinggi dari penjualan kendaraan bekas. 

Seperti yang sobat bikers ketahui bahwasanya kendaraan bekas dengan surat-surat lengkap memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasaran untuk mobil, motor bekas yang tidak memiliki surat lengkap.

Cara Gampang Membedakan BPKB Kendaraan Asli dan Palsu

cara gampang membedakan bpkb asli atau palsu

Nah bagi sobat bikers yang dalam waktu dekat ada kesempatan untuk membeli kendaraan bekas, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu keaslian dari BPKB nya, agar sobat bisa terhindarkan dari membeli motor, mobil dari hasil curian, karena jika sobat tetep nekat membeli dan hasilnya adalah kendaraan curian jika suatu saat nanti kena razia kendaraan kamu akan disita oleh pihak yang berwajib yaitu polisi.

Tidak cukup disita, sobat bikers kanalmu juga harus mengikuti sidang dipengadilan guna sebagai saksi atas motor curian tersebut, sudah pasti ini akan cukup memakan waktu penting anda. 

Masalah penipuan dengan BPKB palsu ini juga tidak terjadi pada perseorangan karena, banyak isntansi seperti leasing juga tertipu karena bpkb terlihat asli namun sebenarnya palsu. Sudah pasti perusahaan pembiayaan tersebut mengalami kerugian karena penipuan tersebut.

Maka dari itu silahkan kamu perhatikan beberapa tips dibawah ini agar kamu terhindar dari mendapatkan BPKB palsu saat membeli kendaraan bekas, atau sobat bekerja sebagai validasi data di perusahaan pembiayaan.
cara gampang membedakan bpkb asli atau palsu

1. Cek No Seri BPKB

Perlu sobat bikers ketahui bahwasanya setiap bpkb yang keluar ini memiliki so seri yang berbeda, sesuai dengan masing-masing wilayah yang dikeluarkan samsat. Untuk memastikan keaslian dari nomor seri bpkb kamu bisa kroscekkan ke polisi samsat.

2. Bentuk Sampul BPKB

Cara ini cukup gampang untuk kamu bisa lakukan sendiri, melakukan cek sampul bpkb, dimana sampulnya bpkb asli lebih terang mengkilap dibandingkan dengan yang palsu.

3. Cek Kesesuaian Warna Hologram

Pada hologram bpkb yang asli terdapat lambang tri brata polri, apabila sibat biker puter-puter hologram akan terlihat berwarna-warni. Namun ini akan sangat berbeda dengan bpkb palsu karena hologram tidak akan bewarna-warni meskipun sobat puter-puter sampai capek.

Karena disini hologram yang digukanan pada pembuatan bpkb asli, menggunakan jenis tertentu yang hanya bisa didapatkan dari samsat materialnya, ini berbeda dengan bpkb palsu.

4. Bpkb asli ada benang

Apabila sobat mempunyai laser atau cahaya ultraviolet ini akan cukup membantu, karena kamu bisa melakukan kroscek terdapat benang pada bpkb yang ada tulisan BPKB nya. Dan perlu sobat ketahui juga bentuknya terlihgat kasar. Tanda inilah yang tidak ada pada bpkb palsu.

Selain cara diatas sobat bikers bisa melakukan kroscek secara mandiri dari kenjanggalan BPKB, dari kendaraan bekas yang sobat akan beli atau masukkan ke lembaga pembiayaan. Caranyapun cukup mudah karena bisa menggunakan aplikasi atau via online internet, silahkan dicek dibawah ini.
  • Wilayah Jawa Timur - Laman Website : http://www.esamsat.jatimprov.go.id, (Ketik Format SMS)JATIM(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 7070)
  • Wilayah Jawa Tengah - Laman Website : http://dppad.jatengprov.go.id/, (Ketik Format SMS)JATENG(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 9600)
  • Wilayah DKI Jakarta - Laman Website : http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB, (Ketik Format SMS) METRO(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 1717)
  • Wilayah Jawa Barat - Laman Website : http://dispenda.jabarprov.go.id, (Ketik Format SMS)poldajbr(spasi)plat nomor kendaraan (kirim ke 3977)
Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi Cara Gampadahng Membedakan BPKB Kendaraan Asli dan Palsu, mudah-mudahan informasi ini dapat membantu anda untuk melakukan pengecekan keaslian surat berharga dari motor atau mobil yang ada pada tangan sobat bikers.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Begini Cara Gampang Membedakan BPKB Kendaraan Asli dan Palsu"