5+ Cara Memilih Power Supply Komputer Paling Tepat

Sugiarto

Power Supply atau sering disebut PSU merupakan salah satu komponen yang ada di dalam suatu komputer. Memilih power supply komputer sangan penting karena fungsi dari PSU ini adalah untuk menyuplai arus listrik yang ada di komponen komputer satu ke komponen komputer yang membutuhkan daya. Power Supply sangat penting untuk Anda gunakan agar komputer bisa tetap nyala dan digunakan dengan baik. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara memilih power supply komputer yang bisa Anda lakukan.

Cara memilih power supply komputer
Cara memilih power supply komputer

6 Cara Memilih Power Supply Komputer Terbaik dan Paling Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Power Supply penting sekali digunakan dalam suatu komputer agar keadaan komputer tetap hidup dan bisa digunakan. Sehingga, power supply di dalam komputer ini ibarat jantung manusia yang berada di dalam tubuh.

Oleh karena itu, saat Anda ingin membeli power supply untuk komputer, maka Anda mesti memilih PSU paling terbaik dan tepat, sehingga bisa memperpanjang usia pada komputer. Nah, disini Anda bisa mengetahui beberapa cara memilih power supply komputer dengan tepat, yaitu:

  1. Anda mesti memperkirakan jumlah daya yang akan digunakan pada komputer sesuai kebutuhan.
  2. Kemudian, Anda bisa mencari salah satu power supply yang memiliki daya cukup untuk kebutuhan komputer tersebut. Ada baiknya, Anda memilih power supply dengan daya lebih tinggi.
  3. Jangan lupa untuk melihat harga pasaran sebelum memutuskan untuk membeli power supply. Sehingga, Anda tidak mudah tergoda dengan power supply yang memiliki harga murah, namun kualitasnya belum tentu terjamin. Dalam hal ini, Anda bisa memilih power supply yang memiliki harga standar alias tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.
  4. Jika Anda ingin membeli PSU melalui internet atau marketplace, maka lihatlah rating atau ulasan konsumen yang pernah membelinya. Jika rating dan ulasannya bagus, maka Anda bisa membeli PSU di toko tersebut.
  5. Apabila ingin mendapatkan PSU berkualitas baik, maka Anda bisa memilih merek power supply yang sudah terkenal. Anda dapat mengetahui beragam merek power supply di internet dan carilah merek yang seringkali dibeli oleh banyak orang.
  6. Selain merek, Anda juga perlu memperhatikan apakah power supply yang ingin Anda beli sudah memiliki sertifikat bronze atau tidak. Tak hanya itu, power supply yang sudah memiliki label 80+ sangat direkomendasikan untuk Anda beli karena sudah pasti aman dan terjamin kualitasnya.
Baca Juga :  Cara download foto instagram tanpa aplikasi di hp lengkap

Ciri-ciri Power Supply Dengan Kualitas Tinggi

Untuk memilih power supply komputer yang berkualitas tinggi, berikut adalah ciri-cirinya:

Harga Cenderung Mahal

Setiap produk yang memiliki kualitas tinggi, pasti ditawarkan dengan harga yang tinggi pula. Begitu pun dalam penjualan power supply, jika Anda ingin membeli power supply dengan kualitas tinggi serta tahan lama, maka mesti rela mengeluarkan uang lebih nantinya.

Umumnya, power supply 350 watt memiliki harga sekitar Rp.400 ribu, 500 watt mulai dari harga Rp.600 ribu sampai Rp.850 ribu. Semakin tinggi watt yang ditawarkan, maka semakin mahal harga yang mesti Anda bayarkan.

Lebih Berat dari Power Supply Biasa

Anda bisa membedakan power supply biasa dengan power supply terbaik dari beratnya. Power supply terbaik memiliki berat yang lebih daripada power supply biasa. Hal ini dikarenakan power supply terbaik menggunakan bahan-bahan berkualitas dan terpilih.

Terdapat UL Number dan Label Spesifikasi Voltase atau Ampere

Saat membeli power supply komputer, pastikan Anda memilih PSU yang sudah memiliki UL Number dan label spesifikasi voltase atau ampere. UL Number itu berguna untuk melakukan pengecekan apakah PSU yang Anda beli sudah memiliki sertifikasi taraf internasional atau belum.

Sedangkan label spesifikasi voltase atau ampere digunakan untuk mengetahui pengukuran dalam power supply tersebut.

Itulah informasi mengenai cara memilih power supply komputer yang bisa Anda gunakan. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin membeli PSU dengan kualitas terbaik, ya.

Artikel Terkait :