Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kata-kata bahasa malaysia yang lucu bakalan bikin kamu heran

Memang sudah menjadi hal yang wajar jika adanya perbedaan bahasa dalam setiap negara seperti halnya Indonesia dengan Malaysia. Namun demikian karena letaknya Indonesia ini berdampingan dan menjadi negara serumpun pastinya ada beberapa kosa kata-kata yang mirip namun demikian memiliki makna yang berbeda dan tidak jarang malah terdenggar lucu bahkan mengherankan.

Pastinya sobat kanalmu penasaran bukan kata-kata bahasa Malaysia yang cukup terdengar lucu tersebut. Dan melalui ulasan kanalmu kali ini, kami akan berbagi beberapa kata-kata dari bahasa Malaysia yang sering kamu dengar namun memiliki arti yang jauh berbeda dari kamu bayangkan.

Adapun kata-kata tersebut merupakan salah satu kata yang sudah dibakukan oleh pusat bahasa disana, jadi ketika mereka mendengarnya juga tidak menjadi mengapa. Namun demikian jika kamu yang mendengarnya bisa jadi tertawa terpingkal-pingkal karena maknanya tidak sesuai dengan yang kamu pikirkan sebelumnya.

Kata-kata bahasa malaysia yang lucu

kata-kata bahasa malaysia lucu - kanalmu
kata-kata bahasa malaysia lucu - kanalmu

Dan berikut ini adalah beberapa daftar kata-kata bahasa Malaysia yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki makna yang terdengar lucu dan bisa saja kamu yang baru saja mendengarnya terheran-heran.

1. Pengawal keselamatan

Jika di Indonesia mereka yang bertugas sebagai SATPAM atau akronim dari Satuan Petuga Keamanan memiliki panggilan yang unik jika berada di negara Malaysia, yang mana masyarakat sana memanggilnya dengan sebutan pengawal keselamatan.

2. Panggung wayang

Apa yang ada dibenakmu jika kamu diajak oleh teman kamu di Malaysia untuk pergi ke panggung wayang? Tentunya kamu akan beranggapan akan diajak nonton pertunjukan wayang yang sangat kental dengan tradisi dan adat.

Namun demikian arti yang sebenarnya dari panggung wayang bagi masyarakat Malaysia adalah tempat nonton film layar lebar atau bioskop.

3. Pintu kecemasan

Cemas dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai rasa takut maupun khawtir, namun demikian dalam bahasa Malaysia kecemasan memiliki makna yang berbeda dimana artinya adalah situasi yang dalam keadaan darurat.

Dan jika kamu berkunjung mall Malaysia dan melihat ada keterangan Pintu Kecemasan tentunya akan lumayan bingung. Untuk itu kamu harus tahu bahwasanya pintu kecemasan dalam bahasa Indonesia adalah Pintu Darurat.

4. Pusing-pusing

Apabila kamu mendapati seorang teman dimalaysia dan bilang pusing-pusing jangan sampai terkecoh bahwasanya mereka sedang sakit kepala. 

Dikarenakan arti sebenarnya dari makna kata-kata pusing-pusing dimalaysia adalah jalan-jalan atau berkeliling.

Beberapa bahasa Malaysia yang terdengar unik

Ada beberapa kata lain dalam bahasa Malaysia yang jika kamu baru mendengarnya akan terasa unik, namun sebenarnya memiliki makna yang jauh dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya. Dan berikut ini adalah beberapa contohnya.

5. Duduk

Jika sobat kanalmu berkunjung ke Malaysia untuk pertama kalinya dan ada sahabat atau tour gaet kamu menanyakan kamu duduk dimana, bukan berarti memiliki makna posisi dudukmu saat ini.

Namun bahasa Malaysia duduk memiliki makna tempat tinggal kamu saat ini, untuk itu jangan sampai kamu salah menjawabnya jika ada pertanyaan tersebut.

6. Air kosong

Menurutmu apa arti dari air kosong ? Ini bukan berarti bahwasanya gelasnya isinya kosong loh ya. Karena dalam bahasa Malaysia air kosong memiliki arti air mineral ditambahi dengan es batu.

Maka dari itu sobat kanalmu jangan sampai salah bicara ketika dalam tempat rumah makan atau tempat nongkrong seperti café.

7. Makan angin

Di benak sobat kanalmu ketika mendengar kata makan angin apa yang kamu fikirkan ? Perlu kamu ketahui bahwasanya di negara Malaysia makan angin berarti jalan-jalan.

Bahasa Malaysia yang lucu banget

Selain bahasanya kadang tidak mudah kita mengerti, bisa jadi ketika kamu mengetahui kata-kata bahasa Malaysia tersebut akan bisa tertawa terbahak-bahak karena antara kata dan artinya berbeda dan cukup lucu. 

Dimana contoh lain dari arti bahasa Malaysia yang unik dan lucu adalah sebagai berikut ini, dan jangan sampai sobat kanalmu ketika berada disana salah ucap ya.

8. Gubuk gila

Apabila mendengar kata gubuk gila tentunya kamu akan memiliki penafsiran yang nyleneh. Dan perlu kamu ketahui bahwasanya gubuk gila ini memiliki makna arti dalam bahasanya Indonesia adalah rumah sakit jiwa.

Atau tempat orang berkebutuhan kusus akan mentalnya dirawat, buka berarti gubuknya bisa bertingkah aneh seperti orang yang tidak waras loh ya.

9. Hospital korban lelaki

Jika kamu berada di Malaysia dan ada kawan atau istri kamu sedang akan melahirkan dan mencari rumah sakit ibu dan anak tidak akan menemukan.

Karena di negara ini RSIA atau akronim dari rumah sakit ibu dan anak memiliki nama hospital korban lelaki.

10. Seronok

Sudah pastinya jika kamu berada di Indonesia yang kamu pikirkan dari kata seronok memiliki makna yang negatif.

Namun demikian arti yang sebanarnya dari kata seronok bahasa Malaysia memiliki makna suatu hal yang aman menyenangkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan topik kata-kata bahasa Malaysia yang lucu diatas bisa diambil kesimpulan bahwasanya ada beberapa kata yang sering kita dengar namun memiliki makna yang berbeda.

Dan oleh sebab itu kita harus bisa menghargai keberbedaan tersebut agar kita bisa menjadi lebih bijak dan baik lagi.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan informasi ini, mudah-udahan untuk kamu yang mencara bahasa lucu menemukannya dan bisa dibuat tebak-tabakan dengan sahabat yang ada disekitarmu.