Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat air kelapa yang harus diketahui ibu hamil

Seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwasanya air kelapa ini kaya akan manfaat dan juga khasiat namun demikian banyak mitos yang berkembang untuk ibu yang sedang hamil tidak diperbolehkan untuk meminum air kelapa muda dikarenakan ada yang memiliki anggapab bahwasanya meminumnya bisa akibatkan kontraksi rahim dan keguguran. Dan bagi sebagian wilayah juga memiliki mitos bahwasanya dengan meminum degan ijo atau kelapa hijau bisa menjadikan janin bayi memiliki kulit putih dan banyak rambut yang tumbuh. 

Namun justru dibalik mitos tersebut banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan bagi ibu yang sedang hamil meminum air kelapa. Dikarenakan air kelapa ini mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh seperti gula, karbohidrat, nutrisi dan juga potasium yang kadarnya 600mg. Dan oleh sebab itu banyak sekali prodak yang menggunakan air kelapa , dimana salah satunya adalah sebagai minuman elektrolit yang bagus untuk tubuh.

Tidak hanya itu saja dikarenakan didalam kandungan air kelapa juga terdapat beberapa vitamin, diantaranya adalah betadine, asam pantotenat, kolim, niacin, folat, thiamine, riboflavin, B6, B12, A, K, E, C, D.


Daftar manfaat air kelapa untuk ibu hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil - kanalmu
manfaat air kelapa untuk ibu hamil source: wikibunda.com

Dari penjelasan diatas, disebutkan bahwasanya memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh yang didapatkan dair meminum air kelapa. Dan dengan demikian bagi ibu yang sedang hamilpun juga bisa mendapatkan beberapa manfaat serta khasiatnya, adapun berikut ini adalah beberapa hal yang ibu hamil dapatkan dari meminum air kelapa.

1. Penambah energi

Adapun ibu yang sedang hamil dan meminum air kelapa akan menambah energinya, dikarenakan didalam air tersebut terdapar beberapa kandungan seperti klorida, kalsium dan juga kalium. Tidak hanya itu saja dikarenakan didalam air kelapa juga terdapat kandungan elektrolit yang tinggi dan juga berbagai nutrisi , serat, riboflavin, vitamin c dan juga mangan.

2. Cegah penyakit kardiovaskuler

Manfaat lain dari air kelapa ini adalah bisa membantu cegah penyakit kardiovaskuler, yang mana beberapa penelitian menyebutkan orang yang memiliki riwayat darah tinggi didalam tubuhnya memiliki kadar kalium yang cukup rendah. Dan dimana dalam kandungan air kelapa muda ini terdapat kalium yang bisa digunakan untuk mengatur tekanan darah. 

Beberapa penelitian baru menyebutkan, bahwasanya air kelapa juga bermanfaat untuk tingkatkan HDL, atau bentuk dari kolesterol baik yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung sobat kanalmu. Dan dari sinilah mengapa alasan air kelapa bisa sembuh dan cegah penyakit kardiovaskuler.

3. Cegah dehidrasi


Ketika diawal trimester pertama biasanya ibu hamil akan mengalami yang namanya morning sickness dan oleh sebab itu menjadi penyebab elektrolit alami tubuh terbuang. Maka dari itu minum air kelapa muda bisa membantu gantikan elektrolit yang ada didalam tubuh dan juga dampak dehidrasi. 

Dengan bunda yang sedang hamil konsumsi atau minum air kelapa dua kali dalam sehari bisa memabntu jaga sistem pencernaan dan juga tambah cairan yang ada didalam tubuh. Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya dehidrasi bisa akibat kan masalah pada janin.

4. Cegah gangguan pencernaan

Untuk ibu yang sedang hamil biasanya akan memiliki beberapa permasalahan salah satunya adalah pencernaannya bisa sembelit, dan apabila tidak segera mendapatkan penanganan bisa akibatkan penyakit pada bagian organ pencernaan.

Namun dengan meminum air kelapa muda bisa melawan bakteri yang ada dalam organ dikarenakan air tersebut merupakan salah satu dari jenis antibiotik. Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya air kelapa bisa ubah asam larut jadi monolarium dimana hal tersebut merukana antivirus yang bisa lawan bakteri yang ada pada sistem pencernaan.

5. Lancarkan sirkulasi darah

Banyak ibu yang sedang hamil mengalami pegal dan juga nyeri, adapun hal ini diakibatkan oleh sirkulasi darah yang tidak bisa berjalan dengan maksimal. Untuk itu sobat kanalmu perlu ketahui bahwasanya sirkulasi darah yang tidak bisa bekerja optimal bisa akibatkan suplai oksigen ke janin berkurang.

Dengan meminum air kelapa muda bisa bantu pompa peredaran darah dan menjadi normal dikarenakan dalam air tersebut terdapat kandungan kalium dan juga magnesium. Dengan demikian air kelapa ini bisa bantu perlancar peredaran darah serta bantu atasi reda nyeri dan juga pegal oleh ibu yang sedang hamil.

6. Cegah infeksi saluran kemih

Proses perkembangan rahim dan juga perubahan hormon yang dialami oleh ibu yang sedang hamil, bisa akibatkan tekanan pada kandung kemih dan jika hal ini terjadi akan terjadi infeksi. Infeksi yang diakibatkan dari keluarnya urine akan mengakibatkan bakteri menjadi berkembang. 

Dengan meminum air kelapa yang terdapat kandungan dieuretik alami, bisa membersihkan kandungan kemih, dan dari sini proses pembuangan air kencing menjadi lancar.

7. Jernihkan air ketuban

Perlu sobat kanalmu juga ketahui bahwasanya bayi yang ada didalam rahim akan menelan air ketuban dan kemudian keluarkan sebagai urine, dan dari sini air tersebut di telan kembali agar volume air ketuban yang terdapat dalam rahim tetap stabil.

Namun dengan menelan air ketuban yang keruh bisa akibatkan beberapa permasalahan seperti masalah pernapasan, infeksi, sindrom aspirasi mekonium dan bahkan bisa akibatkan kematian pada bayi. Dengan ibu yang sedang hamil meminum air kelapa muda yang cukup bisa bantu jernihkan air ketuban yang ada dalam rahim dikarenakan didalamnya terdapat kandungan elektrolit dan juga antioksidan.

8. Jaga berat badan agar tetap sehat

Air kelapa adalah salah satu minuman yang menyegarkan dan juga memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh. Dengan meminum air kelapa, berarti anda mencoba minum minuman dengan rasa yang terdapat kadar gula tinggi. 

Perlu sobat juga ketahui bahwasanya air kelapa ini rendah kalori dan tidak mengandung lemak sehingga kolestrol jahat bisa diatasi dan juga lemak yang ada dalam tubuh tidak akan tertimbun.

9. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwasanya asal larut yang ada pada air kelapa bisa bermanfaat sebagai antivirus, anti jamur dan juga anti bakteri dengan demikian bisa bantu lawan berbagai penyakit yang masuk dalam tubuh manusia.

Dan tidah hanya kandungan didalam air kelapa muda bahwasanya asam larut juga terdapat pada minyak kelapa yang lebih kita kenal dengan nama VCO.

10. Kontrol kadar gula darah

Dan untuk manfaat lain dari air kelapa muda ini adalah bisa mengkontrol kadar gula darah yang ada dalam tubuh, dimana hal ini diakibatkan oleh kolestrol baik yang ada dalam kandungan air kelapa. 

Kesimpulan

Dari ulasan diatas bisa diambil kesimpulan bahwasanya air kelapa memiliki manfaat untuk ibu hamil dan baik jika diminum dengan aturan yang cukup dan tidak berlebihan. Untuk itu jika kamu mendapati mitos ini sebaiknya untuk ditanggapi dengan baik agar tidak menyebabkan cekcok dengan mereka yang menyakini mitos yang kurang baik tersebut.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sobat kanalmu yang mencari informasi terkait dengan air kelapa untuk ibu hamil muda atupun tua mendapatkan jawabannya melalui informasi ini.