Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara & tips gampang bersihkan serta rawat rantai motor agar bersih awet dalam waktu lama

Kanalmu.com - Agar motor sobat biker bisa awet dan memiliki tenaga yang selalu prima sudah tentu harus rajin untuk merawatnya, baik itu membersihkan dan juga melakukan service secara berkala. Kamu juga sudah faham bahwasanya dalam satu unit motor terdiri dari berbagai komponen yang mana memiliki kinerja dan fungsi masing-masing, tidak lain adalah rantai motor yang mana memiliki fungsi untuk mengerakkan roda yang tenaganya dihasilkan oleh mesin. 

Rantai perlu sobat bikers berikan perawatan yang khusus karena ini adalah salah satu spare part penting yang bisa menjadikan motor bisa berjalan dengan baik, prima dan tentunya memberikanan keamanan, kenyamanan dalam berkendara. 

Kecelakaan karena rantai motor kendor

Sobat bikers juga harus mengetahui bahwasanya banyak kasus kecelakaan lalulintas yang disebabkan karena rantai motor sudah kendur yang bisa memang kurang perawatan yang menyebabkan cepat jadi aus. 

Maka dari itu untuk menghindarkan dari kejadian yang tidak diinginkan tersebut maka sobat bikers bisa mencegah sejak dini dengan cara memberikan perawatan yang baik dan benar pada rantai motor kamu.

Bagaimana cara rawat rantai motor yang benar?

cara bersihkan dan rawat rantai

Ada beberapa langkah yang sobat bikers harus lakukan, namun pada dasarnya hanya ada 2 hal yang mana pertama sobat bikers telaten mencucinya setelah pemakaian, terutama pada jalanan yang becek berlumpur. Dan hal kedua adalah sobat bikers bisa melakukan perawatan secara berkala sehingga rantai motor kamu bisa awet saat digunakan dalam jangka waktu cukup pancang.

#Cara gampang bersihkan rantai motor yang baik dan benar

Adapun untuk menjadikan rantai motor kamu tetep awet dan bisa digunakan dalam waktu sangat lama kamu harus rajin untuk cuci setelah pemakaian, dalam mencuci ini ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan agar menjadikan rantai bersih malah bukannya rusak. Berikut ini adalah bebera cara mudah mencuci motor dengan baik.

1. Rantai dibersihkan setelah dipakai

Usahakan untuk selalu membersihkan rantai motor setelah kamu gunakan, ini akan menghindarkan dari debu dan kotoran menempel pada bagian rantai sehingga menyebabkan kerak bahkan korosi pada rantai.

2. Gunakan pembersih rantai

Saat ini banyak sekali produk pembersih rantai yang kamu bisa gunakan, harganya cukup terjangkau, biasanya pembersih rantai ini berbentuk semprotan sehingga mudah untuk digunakan.

Kamu dapat dengan meudah mendapatkan pembersih rantai dari toko online seperti bukalapak, shoope, tokopedia. Atau datang langsung kebengkel terdekat untuk mendapatkan pembersih rantai motor.

3. Gunakan sikat rantai

Selain cairan pembersih kamu juga harus mencari sikat rantai motor, namun jika kamu tidak ada cukup waktu untuk membelinya, sobat bikers bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan sela-sela rantai yang tidak terjangkau tanggan.

4. Siram dengan air bersih

Apabila kamu sudah semprotkan cairan pembersih dan kemudian kamu lakukan penyikatan pada bagian-bagian sela rantai motor sehingga noda debu dan kotoran rontok,selanjutnya kamu bersihkan ranta kamu dengan menyiram menggunakan air bersih.

Dan apabula tahap membersihkan sobat bikers sudah lakukan pada rantai motor kamu, selanjutnya bagaimana cara merawat rantai agar bisa awet digunakan dalam jangka panjang.

#Tips gampang rawat rantai motor supaya awet

Adapun langkah selanjutnya kamu bisa mengkuti tips ini agar rantai motor kamu bisa digunakan dalam jangka panjang dan juga memberikan akselerasi yang prima. Berikut ini adalah tips mudah sobat bikers.

5. Jadwal bersihkan rantai

Sobat bikers harus membuat jadwal khusus untuk memberihkan rantai motor, dengan membersihkan secara rutin akan menjadikan rantai awet dan bisa memberikan tarikan motor kenceng dan prima.

6. Sediakan pelumas rantai

Pastikan sobat bikers menyisihkan budget untuk membeli pelumas rantai, dengan memberikan pelumas rantai secara rutin akan menjadikan roda berputat dengan responsif dalam segala waktu.

7. Hindari pelumas oli bekas

Apabila sobat biker untuk rantai motor tetep awet dan bisa digunakan dalam waktu lama untuk hindari penggunaan oli bekas, karena biasanya terdapat kotoran yang mana bisa menempel pada rantai.

8. Stel rantai secara rutin

Langkah terkahir yang sobat bikers bisa lakukan adalah penyetelan rantai sehinnga tidak menyebabkan kendor, dan ini juga akan menjadikan roda mempunyai akselesari bagus, dan ketika kamu tarik tuas dalem lari motor akan tetep kenceng.

Demikian ualasan kanalmu mngenai tips merawat rantai agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Mudah-mudahan informasi ini membantu anda yang sering gonta ganti rantai motor.

Post a Comment for "8 Cara & tips gampang bersihkan serta rawat rantai motor agar bersih awet dalam waktu lama"