Apa Itu Perbedaan Mobil SUV dan MPV ?

Perbedaan Mobil SUV, MPV - Daya beli terhadap otomotif oleh masyarakat indonesia dalam tiap tahunya selalu mengalami kenaikan. Selain pembelian motor yang digunakan sebagai moda transportasi pribadi, saat ini pembelian mobil juga mengalami peningkatan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya mobil dengan jenis SUV dan juga MPV masih menjadi primadona dari kebanyakan dari masyarakat indonesia.

Belanja mobil oleh masyarakat indonesia meningkat ini, dikarenakan beberapa faktor, antara lain adalah karena meningkatnya pendapatan, sehingga bisa melakukan pembelian mobil secara cash. Namun peran lembaga pembiayaan juga sangat berpengaruh, karena leasing berani memberikan kredit bagi masyarakat yang akan memiliki mobil dengan DP yang sangat minim bahkan sampai dengan NOL %, dengan angsuran tiap bulan yang sangat cukup terjangkau oleh masyarakat.

Berbeda dengan mobil sport, mobil dengan jenis SUV dan MPV ini memang sangat cocok menjadi mobil keluarga, yang mana mempunyai kabin cukup luas, sehingga bisa menampung lebih banyak penumpang didalamnya. Berbeda dengan mobil sport, yang mana jumlah kursi terbatas.

Namun apakah sobat oto kanalmu, sudah mengetahui perbedaan antara mobil SUV dan MPV, jika belum mari kita bahas dan sobat oto kanalmu yang akan melakukan pembelian, lebih paham perbedaan antara kedua jenis mobil ini. 
perbedaan mobil mpv suv

Perbedaan Mobil SUV dan MPV  Apa ?

Baik lah sobat kanalmu otomotif, mengenal terlebih dahulu sebelum memiliki mobil menjadi suatu keharusan, jadi ini akan sangat bermanfaat ketika anda akan melakukan pembelian anda bisa mengetahui jenis dan juga spesifikasi secara lengkap dari mobil itu sendiri.

Dan berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan antara mobil jenis SUV dan juga mobil dari jenis MPV.

#1. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Yang mana mobil dengan jenis SUV di produksi menjadi mobil penumpang dengan rancangan yang tergabung dari ide sedan, jeep, dan pickup.

Jika sepintas mobil ini akan lebih mudah dikenali karena pada dasarnya mobil SUV ini menggunakan penggerak roda 4x4, dimana dapat digunakan untuk melintasi medan yang berat atau off-road.

Bentuk desain Ground clearance dari mobil SUV ini antara jarak tanah dan bodi cukup tinggi, masalah suspensi sudah pasti sangat kokoh , untuk interior dan eksterior pastinya sangat elegan. Namun jika sobat oto kanalmu tidak puas bisa melakukan variasi jok dengan selera yang kamu sukai.
mobil suv pajero

Klasifikasi Dari Mobil SUV

Mobil SUV ini dibagi menjadi beberapa kelas yang berbeda, dari kelas ini sudah pasti disertai berbagai fitur unggulan dari masing-masing kelas mobil SUV.

1. Mobil SUV Mini

Sesuai dengan kelasnya bahwasanya mobil ini memiliki ukuran lebih kecil dan ramping, selain itu kapasitas mesin yang digunakan dan torsinya juga pada 1-1.8 . Dan mobil suv mini ini menggunakan bahn bakar bensin.

Sedangkan contoh dari mobil jenis SUV Mini ini adalah mobil Daihatsu Terios, Toyota Rush dan lain sebagainya.

2. Mobil SUV Compact

Type mobil ini menggunakan kapasitas mesin pada torsi antara 1.8 sampai dengan 2.6, namun pada mobil ini masih terbatas untuk kabin penumpangnya.

Mobil jenis SUV Compact ini tidak cocok untuk keperluan off road, namun lebih tepat untuk digunakan pada jalanan halus beraspal ibukota.

Contoh dari jenis mobil SUV Compact adalah mobil Ford Escape, Chevrolet Capitava, Nissan X-trail, toyota Rav 4, honda CR-V dan mobil sejenis lainnya.

3. Mobil SUV Ukuran Sedang

Mobil jenis ini memiliki torsi mesin yang cukup bervariasi dari 2.4 sampai dengan 3.0, dan untuk jenis mobil ini biasanya lebih besar bentuknya dbandingkan daripada mobil Suv mini dan compact.

Contoh dari jenis mobil SUV ukurang sedang ini antara lain mobil Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner dan mobil sejenis lainnya.

4. Mobil  SUV Ukuran Besar

Mobil dengan type SUV Full sized berukuran besar dengan dengan kapasitas kabin yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran mid sized dan juga suv compact.

Sedangkan untuk mesin yang digunakan berbekalkan torsi  mesin (cc) diantara 3.0 atau lebih , yang mana lebih banyak menggunakan teknologi mesin V8.

Untuk masalah ekterior dan interior dari mobil ini cukup luas, dan tentunya bisa anda modif sesuai dengan kebutuhan anda.

Sedangkan contoh dari jenis mobil ini antara lain mobil Chevrolet Suburban, Nissan Patrol, Nissan Armada, Hummer, Land Rover Discovery.

#2. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle)

Jenis mobil yang mempunyai multi guna antara sebagai mobil penumpang sekaligus sebagai tempat mengangkut barang. Dan spesifikasi mobil ini lebih menyerupai dengan mobil mini bus. Untuk usaha rental dan travel dengan menggunakan jenis mobil ini lebih cocok tentunya.
mobil mpv expander

Mobil ini memiliki beberapa ciri dasar yang bisa sobat bikers ketahui secara kasat mata, dan cirinya antara lain adalah sebagai berikut ini.
  • Jumlah Penumpang pada jenis mobil ini bisa mengangkut sampai 7 orang, dimana memiliki 3 baris tempat duduk. Sangat cocok jenis mobil ini untuk dijadikan mobil keluarga.
  • Ground Clearence pada mobil ini terlihat lebih pendek jarak antara tanah dengan bodi mobil, ini jauh berbeda dengan mobil SUV.
  • Kapasitas mesin pada mobil ini antara 1000 sampai dengan 1500 cc, dimana menggunakan mode penggerak 2WD, yang mana lebih irit bahan bakar pada mobil jenis ini.
Pada mobil ini diklasifikasikan menjadi beberapa antara lain adalah low MPV(LMPV), upper MPV, dan juga MPV. Namun pada msyarakat indonesia lebih populer dan banyak menggunakan yang jenis MPV.

Dari sinilah para analis market dari produsen mobil berlomba-lomba untuk melakukan produksi jenis mobil MPV ini dengan berbagai teknologi yang mereka selalu kembangkan.

Sedangkan contoh mobil dengan model MPV ini antara lain mobil New Nissan Livina, Mitsubishi Expander, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, mobilio, dan juga wuling cortez.

Nah bagi sobat otomotif kanalmu, kira-kira mobil jenis mana yang lebih kamu sukai, apakah mobil jenis SUV atau MPV. Namun kami sarankan sebelum melakukan pembelian mobil sebaiknya sobat bikers pastikan spesifikasi lengkapnya. Dan mencari hari baik beli mobil adalah pilihan sobat otomotif semua, namun untuk memantau dan memberikan ketenangan setelah membeli mobil dengan harga yang mahal sebaiknya mobil kamu pasang gps trakcer mobil, yang mana mempunyai manfaat untuk memonitoring dan juga sebagai alat anti maling,
    
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Apa Itu Perbedaan Mobil SUV dan MPV ?"