Cara Gampang Mengganti Gagang (Handgrip) Sepeda Motor

Kanalmu.com - Hay sobat bikers, kamu sudah pasti tahu kan bahwasanya gagang atau handgrip sepeda motor ini adalah aksesoris yang sangat penting untuk kamu gunakan mengendalikan motor kamu saat berkendara, sehingga kamu bisa berkendara dengan nyaman dan juga aman. Namun jika handgrip kalian ini sudah usang atau rusak sebaiknya sobat bikers segera mengantu dengan yang baru, aksesoris ini kan harganya murah, selain itu akan mengembalikan kenyamaan saat sobat biker mengendarai motor.

Banyak sekali bentuk dari gagang motor ini, jadi sobat bikers bisa menyesuaikan seleranya, untuk membeli saat ini sobat bikers bisa datang ke toko aksesories motor terdekat, atau jika tidak mau keluar rumah bisa membeli melalui marketplace bisa shoope, tokopedia, dan juga bukalapak. Karena di toko online tersebut banyak sekali yang menjual hangrip motor dengan berbagai varian yang ada.
cara gampang menganti gagang handgrip motor

Cara Gampang Memasang Gagang (Handgrip) Sepeda Motor

Nah jika sobat bikers sudah membeli, tidak perlu harus ke bengkel untuk memasang gagang ini, karena sobat bikers bisa mengantinya sendiri, karena caranya cukup gampang. Jika sobat bikers ini adalah kali pertamanya dalam menganti, baik kanalmu kali ini akan berbagi informasi cara mudah memasang handgrip. Dan berikut ini adalah langkah demi langkah pemasangan handgrip baru.

1. Melepas Handgrip (Gagang) Lama

Sebelum memasang gagang yang baru, sobat bikers harus terlebih dahulu melepas gagang yang lama, dan adapun cara pelepasanya adalah sebagai berikut ini. 
  1. Melepas Bagian Ujung Setang - Biasanya ada penutup gagang pada bagian ujung setang, jadi sobat bikers bisa melepasnya terlebih dahulu bisa menggunakan obeng, atau cukup diputar, sesuai dengan milik dari punya masing-masing sobat bikers.
  2. Potonglah Gagang Lama - Gunakan pisau atau gergaji besi untuk memotong gagang lama secara membujur, jika sudah dipotog kemudian dilepas. Namun ketika anda memotong jangan sampai menggores banyak bagian setang. Terlebih adalah bagian gagang yang terdapat arur listrik atau gas, harap berhati-hati jangan sampai memutus tali gas atau kabel yang ada.
  3. Bersihkan Bagian Setang - Jika sudah anda copot handgripnya, sekarang anda bersihkan terlebih dahulu setangnya sebelum anda memasang gagang yang baru. Harap diperhatikan untuk membersihkan bekas lem pada setang jangan menggunakan minyak, atau pelumas yang nantikan akan membuat gagang licin dan terpasang tidak cukup baik.
cara gampang menganti gagang handgrip motor

2. Cara Memasang Gagang (Handgrip) Baru

Setelah sobat bikers selesai membersihkan setang dan melepas gagang, kamu saatnya memasang gagang baru, dan adapun cara mudah memasangnya adalah sebagai berikut ini, perhatikan dengan baik-baik.
  1. Cek gagang untuk gas dan gagang satunya - Karena sepasang gagang yang anda beli ini memiliki ukurang yang berbeda sedikit, dan biasanya adalah yang memiliki ukuran lebih besar digunakan untuk bagian gagang yang terdapat putaran gas. Hal ini memang cukup sepele, namun jangan sampai salah memasangnya.
  2. Pasang terlebih dahulu gagang yang tidak jadi kendali gas - Sebelum memasang pastikan gagang dan juga setang sudah sobat bikers olesi lem, dan lakukan pemasangan yang cepat agar lem tidak cepat mengering. Yang perlu anda perhatikan adalah menggunakan lem secukupnya jangan sampai berlebihan. Dan jika kamu tidak punya lem bisa menggunakan semprot rambut, cara ini banyak yang memakai, tapi usahakan kamu sudah lihai dalam tahap ini.
  3. Pasang gagang yang ada kendali gas - Selanjutnya sobat bikers silahkan pasang gagang yang terdapat pada kendali gas, untuk pemasangan usahakan dengan hati-hati tanpa ada perusakan pada pengendali gas.
  4. Pasang kembali penutup bagian setang - Jika sudah terpasang dengan rapi dan baik, langkah selanjutnya adalah anda memasag kembali bagian ujung setang yang anda lepas sebelumnya.
  5. Tunggu sampai lem mengerem baru digunakan - Usahakan sobat bikers untuk lem kering baru kamu bisa menggunakan gagang baru yang anda baru pasang, dan mencoba tarikan gasnya.

3. Tips Membeli Gagang (Handgrip) Baru

cara gampang menganti gagang handgrip motor

Sebelum melakukan pembelian gagang sepeda motor, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini agar anda tidak keliru dalam membeli handgrip, adapaun hal yang harus perhatikan adalah sebagai berikut.
  1. Kenali jenis gagang dan  motor - Ini sangat penting sobat bikers cek, karena setiap jenis motor memiliki ukuran gagang yang berbeda, semisal motor matic, bebek dan juga sport sudah tentu memiliki ukuran tidak sama.
  2. Kenali ciri anda berkendara - Ada banyak jenis gagang, ini menyesuaikan dengan style pengguna motornya apakah untuk digunakan jalanan aspal, atau untuk jalanan yang penuh tantangan off-road, sudah tentu anda cari sesuai dengan type agar anda bisa gunakan dengan nyaman tanpa membuat tangan anda terluka jika digunakan.
  3. Pilih Sesuai dengan Selera Anda- Karena banyaknya desain dan warna dari jenis handgrip, sobat bikes bisa menyesuaikan itu semu dengan selera sobat biker. Bisa memilih desain yang berkarakter ataupun elegant tapi tetep stylelish.
Tiga tahap dalam menganti handgrip tersbut sebaiknya ada perhatikan, untuk bisa mendapatkan pegangan yang nyaman dan memberikan keamanan saat anda berkendara. 

Demikian ulasan kali ini mengenai cara gampang menganti gagang sepeda motor, mudah-mudahan dengan informasi ini bisa membantu anda dalam menganti gagang (Hnadgrip) baru anda.

bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Cara Gampang Mengganti Gagang (Handgrip) Sepeda Motor"