Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Gampang Mengetahui Kiprok Motor Rusak atau Tidak

Kanalmu.com - Kebanyakan sobat bikers jika terjadi permasalahan kelitrikan pada motor biasanya langsung cek kepada bagian aki, namun sebenarnya bisa saja permasalahan terjadi disebabkan oleh kiprok. Dan ternyata jika kiprok ini bermasalah akan sangat memperngaruhi keawetan dan juga kerusakan pada aki.

Sebelum kanalmu akan membah mengenai mengetahui kiprok rusak tidaknya, terlebih dahulu mari kita memahami pengertian dan juga fungsi dari kirprok itu sendiri, agar lebih mudah kita megetahui kegunaannya apa.

Pengertian kiprok adalah ?

ciri ciri kiprok motor
Kiprok atau regulator adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada motor untuk mengelola kelistrikan dari sepeda motor yang mana mengubah arus AC menjadi DC.

Jadi kiprok ini mempunyai guna yang sangat penting bagi kelistrikan pada sepeda motor, maka dari itu sobat bikers wajib mengetahui pengertian dan fungsinya serta harus tahu mengenai ciri kerusakannya.

Apakah fungsi kirpok pada motor ?

Pada dasarnya kiprok ini mempunyai fungsi sebagai rectifier regulator, sehingga mempunyai dua fungsi berbeda, adapun fungsinya adalah sebagai berikut ini untuk penjabarannya.

1. Fungsi sebagai rectifier

Fungsi pertama sebagai rectifier atau penyearah ini disebabkan karena arus listrik yang dihasilkan oleh mesin berupa jenis arus AC (alternating current) maka dari itu akan diubah menjadi bentuk arus listrik DC (direct current), sehingga jenis arusnya bisa diterima oleh aki.

Mengapa demikian ? Karena jenis arus listrik yang dihasilkan spul mesin berupa AC dan sedangkan untuk aki ini menyimpan arus berupa DC. Maka dari itu fungsi dari kiprok ini adalah pengubah daya dari AC menjadi DC yang bisa diterima oleh aki.

2. Fungsi sebagai regulator

Sedangkan regulator adalah sebagai alat pengatur lalulintas arus berkaitan dengan kelistrikan, yang mana ini akan berfungsi mengentikan arus listrik ke aki motor jika keadaan aki penuh, dan akan mengisinya jika keadaan aki sudah kosong.

Bagaimana jika kondisi jalan dan arus listrik terus berjalan, ini yang menjadi nilai lebih pada kiprok, karena alat ini mampu mengalihkan arus listrik ketempat lain, jika aki dalam posisi penuh, karena selama mesin menyala, akan menghasilkan arus listrik.

Ciri-ciri dari kirpok motor rusak

ciri ciri kiprok motor

Adapun ciri-ciri dari kiprok rusak adalah sebagai berikut ini, jadi coba sobat perhatikan jika mengalami kendala sebagai berikut.
  1. Starter motor tidak berjalan normal untuk menyalakan mesin motor.
  2. Lampu utama tetap redup disaat kamu gas pada rpm tinggi mesin menyala.
  3. Over charge yang mana lampu-lampu akan putus saat kamu menggunakan gas kenceng pada rpm tinggi.
  4. Terdapatnya cairan dari kiprok yang disebabkan overheat.
  5. Kiprok fisik saat dinyalakan pada 3 smpai dengan 5 menit tetep dingin dan hanya sesekali panas.

Cara gampang mengatahui kiprok motor rusak

Dan bagaimana cara mengetahui bahwasanya kiprok motor ini benar-benar rusak ? Berikut ini adalah cara gampang yang sobat bisa lakukan untuk mengetahui kerusakannya alat penting tersebut.
  • Nyalakan motor, dan tunggu beberapa saat, kemudian sobat bikers coba sentuh dengan tangan kiprok, jika keadaan berlahan memanas berarti kiprok masih normal, namun sebaliknya jika sudah waktu lama namun keadaan tidak memanas berarti motor rusak.
  • Cek menggunakan multitester caranya sobat bikers gas motor pada rpm sampai dengan 3000 an rpm, dan manfaatkan multitester untuk cek apakah voltase berada dibawah 12 volt atau diatas 14 volt jika iya berarti rusak, namun jika berada posisi 13,5 volt berarti normal. Jika keadaan normal silahkan dicek masalah pengkabelan listrik apakah ada yang terputus atau tidak jika iya, silahkan perbaiki.

Apa efek yang terjadi jika kiprok rusak ?

kiprok motor dingin

Apabila alat ini rusak akan menyebabkan atau memberi efek kepada sistem kelistrikan pada motor, salah satunya adalah lampu utama motor redup. Tidak hanya itu aki motor tidak terisi kemudian akan menyebabkan motor tidak bisa dilakukan starter , menggunakan starter elektrik. 

Meskipun demikian jika sobat bikers melakukan pergantian aki, ini bisa membuat aki bakalan tekor, maka dari itu solusi terbaik saat kiprok rusak adalah mengantinya dengan yang baru.

Demikian informasi dari kanalmu mengenai pengertian, fungsi, cara mengetahui kiprok rusak dan solusi terbaik jika kirpok rusak. Mudah-mudahan ulasan ini membantu sobat bikers bisa memastikan keadaan kiprok motornya selalu dalam keadaan baik, dan kelistrikan pada motor berjalan dengan normal.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Gampang Mengetahui Kiprok Motor Rusak atau Tidak"