Ribuan Orang Meramaikan Perebutan Gunungan Gethuk (Grebeg Gethuk) di Alun-Alun Kota Magelang

Muhammad Yusuf

Grebeg Gethuk di Alun-Alun Kota Magelang

Kanalmu – Minggu (28/4/2024) Alun-alun Kota Magelang dipadati oleh ribuan orang untuk menyaksikan Grebeg Gethuk. Grebeg Gethuk merupakan event kolosal seni budaya yang termasuk rangkaian acara dalam peringatan Hari Jadi Kota Magelang tahun 2024.

Pertama kali Grebeg Getuk diadakan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Magelang pada tahun 2006, sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19, dan tahun ini 2024 Grebeg Gethuk diadakan Kembali.

Grebeg Gethuk Kota Magelang
Grebeg Gethuk Kota Magelang. (magelangkota.go.id)

Event kolosal seni Grebeg Gethuk menceritakan terjadinya Kota Magelang, dimulai dengan Proses Penetapan Perdikan Mantyasih, Penyerahan Prasasti Mantyasih, Bulu Bekti Gunungan Palawija, Sendratari kolosal “Babad Mahardika” karya Gepeng Nugroho dan puncaknya perebutan gunungan gethuk (Grebeg Getuk).

“Grebeg Gethuk ini untuk mengingat sejarah, memperlihatkan kepada masyarakat bahwa kita punya acara nguri-uri (melestarikan) budaya asli Kota Magelang,” Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz disela-sela acara.

Event Grebeg Gethuk yang akan diagendakan tiap tahunnya, diharapkan menjadi Event Nasional atau bahkan lebih tinggi, untuk menarik wisatawan baik lokal ataupun luar negeri. Hal ini sebagai bentuk promosi branding Kota Magelang sebagai Kota Getuk.

Adapun dengan adanya Festival Gethuk (26-28 April 2024) untuk membantu UMKM untuk berkembang, Sedikitnya ada sebanyak 90 stan UMKM menggelar lapak di alun-alun Kota Magelang.

Baca Juga :  Klarifikasi! 3 Pemuda Yang Menyalakan Flare di Gunung Andong Hanya Untuk Foto

Artikel Terkait :