Google Scholar Untuk Mencari Jurnal Internasional bagi Pemula

Google merupakan perusahaan teknologi pencarian raksasa yang memiliki beragam layanan. Salah satu layanan yang sering digunakan adalah Google Search Engine, dimana Anda bisa mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Untuk itu, berikut ini akan diberikan cara mencari jurnal internasional di Google Scholar.

Layanan ini juga berlaku bagi para mahasiswa yang sedang mencari jurnal untuk tugas akhir atau skripsi yang sedang dikerjakan. Namun, memang terkadang ketika sedang menggunakan mesin pencari Google ini Anda tidak bisa menemukan informasi yang Anda butuhkan secara spesifik.

Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar
Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar

Nah, untuk itu, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Google Scholar. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menemukan jurnal-jurnal dengan jumlah yang sangat banyak. Terlebih lagi dengan jurnal yang menggunakan bahasa Inggris.

Cara Mencari Jurnal Internasional dengan Menggunakan Google Scholar

Saat ini, mencari jurnal pun memang tidak lagi sesulit dahulu. Dimana dengan kecanggihan teknologi yang lebih maju seperti saat ini membuat banyak sekali jurnal online yang tersebar secara bebas di internet. Tinggal klik-klik sudah bisa mencari jurnal lokal ataupun Internasional sebagai bahan referensi Anda.

Dari jurnal nasional hingga jurnal internasional pun bisa Anda cari dan dapatkan dengan mudah. Perlu Anda ketahui juga bahwa jurnal internasional merupakan suatu referensi yang sangat kuat dalam proses pembuatan penelitian ilmiahnya maupun skripsi dan tesisnya. Dengan belajar menggunakan Google Scholar, bisa mudahkan Anda untuk menyelesaikan skripsi dan tesis Anda.

Sebelum Anda mulai mencari jurnal internasional di Google Scholar ini, pahami terlebih dahulu beberapa fitur yang ada didalamnya.

Fitur yang Ada di Google Scholar

Beikut bebepa fitur dari Google Scholar yang membantu Anda dalam mencari jurnal.

  • Menyediakan literature dari beragam bidang ilmu pengetahuan.
  • Memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan beragam referensi.
  • Menyajikan dokumen yang lengkap.
  • Memungkinkan para penggunanya untuk mengikuti perkembangan atas penelitian terbaru yang dilakukan.
  • Terakhir, Google Scholar ini juga bisa digunakan untuk mengecek karya yang dikutip dengan cara menyajikan dokumen secara lebih lengkap.
Baca Juga :  √ Asbabunnuzul QS. At-Taubah ayat 122 Tentang Pendidikan Dan Perang

Cara yang Mudah Dalam Mencari Jurnal Internasional

Setelah mengetahui beberapa fiturnya selanjutnya ini akan dijelaskan bagaimana cara yang mudah dalam mencari jurnal internasional atau jurnal berbahasa Inggris dengan menggunakan Google Scholar.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah buka situs Google Scholar terlebih dahulu di scholar.google.com.
  2. Setelah situs Google Scholar sudah terbuka, maka silahkan Anda ketik saja kata kunci atau keyword yang memang sedang Anda cari.
  3. Setelah mesin pencarian menampilkan hasil dari kata kunci tersebut, maka Anda bisa mencari jurnal yang memang sesuai dengan apa yang sedang Anda butuhkan.
  4. Setelah itu, akan tampil semua jurnal di layar pencarian tersebut.
  5. Selanjutnya, Anda bisa langsung pergi ke situs yang memang menyediakan jurnal yang sedang Anda cari sebelumnya,
  6. Selain itu, Anda bisa memilih file PDFnya dengan cara klik pada bagian kanan dari link yang sudah disediakan.
  7. Disini, Anda bisa melihat maupun mendownload file jurnal PDF tersebut dengan mudah.
  8. Nah, pada bagian kirinya akan terlihat beberapa pengaturan pencarian yang mana bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya adalah agar hasil penelurusannya bisa lebih sesuai dengan pencarian yang sedang Anda lakukan.
  9. Dari waktu jurnal tersebut di publish, maka pengurutan dari hasil pencariannya pun akan didasarkan pada relevensi dan tanggal postingnya. Selain itu, hasil pencariannya juga akan didasarkan pada penyertaan hak paten dan sitasinya, hingga dengan membuat notifikasi ke email Anda.
  10. Anda bisa memilih-milih jurnal sebagai referensi penelitian ilmiahnya maupun skripsi dan tesis.

Inilah tutorial singkat seputar cara mencari jurnal internasional di Google Scholar. Di Google Scholar ini tentunya Anda bisa menemukan jurnal dalam berbagai bidang pendidikan maupun penelitian. Google Scholar juga menghimpun beragam jurnal dari website jurnal yang ada di internet.

Baca Juga :  Cara cek akreditasi sekolah dan madrasah di bansm sispena 2.0 lengkap

Dengan adanya fitur ini tentunya Anda sudah tidak perlu merasa sulit lagi dalam mencari jurnal internasional. Otomatis dengan adanya fitur ini pengerjaan penelitian ilmiahnya maupun skripsi dan tesis jadi semakin mudah dan bisa tepat waktu. Jadi, selamat mencoba!