Pengertian bokeh dan cara penerapannya dalam membuat foto bokeh

Didalam seni fotografi dan juga videografi cukup terkenal dengan sebuah efek yang namanya Bokeh. Dan melalui ulasan ini kami akan berbagi informasi terkait dengan pengertian dan juga cara penerapannya dalam mengambil sebuah foto bokeh.

Dilansir dari beberapa media di internet bokeh sendiri adalah istilah fotografi yang berasal dari jepang yang memiliki makna buram atau blur, yang diterapkan dalam pengambilan foto dan video.

Dimana kesan efek blur pada bagian latar bekalang sebuah foto dan juga video ini disebut dengan efek bokeh video dan foto, dan untuk pembahasan selengkapnya baca ulasan ini sampai dengan selesai.

Pengertian bokeh

Pengertian bokeh dan cara penerapannya dalam membuat foto bokeh - kanalmu
Pengertian bokeh dan cara penerapannya dalam membuat foto bokeh – sc unsplash

Berdasarkan dari pemaparan IT Work dalam sebuah buku creative : segala hal tentang lensa, Bokeh adalah sebuah lingkaran-lingkaran kecil yang nampak pada bagian gambar.

Yang mana bokeh ini terjadi akibat dari area yang berada diluar fokus kamera yang mana ruang ketajamannya sangat sempit, dengan demikian akan nampak blur atau lebih buram.

Selain itu kondisi ini juga dapat terjadi apabila adanya sinar yang mana jatuh diluar titik fokus dari semuah lensa kamera yang sedang mengambil object baik itu gambar maupun video.

Didalam pngertian lain bokeh adalah salah satu buah unsur yang membedakan kamera DSLR full frame , APS-C, four third maupun sensor yang lebih kecil lainnya.

Oleh sebab itu semakin besar ukuran dari sensor, akan mendapatkan foto maupun video bokeh yang semakin bagus, oleh karena itu bokeh sendiri berkaitan erat dengan bukaan atau aperture, dimana semakin besar apertura akan semakin bokeh yang dihasilkan.

Berdasarkan penuturan Atok Sugiarto didalam sebuah bukunya dengan judul Aperture – Kiat Mempesona Gunakan Diafragma, aparture adalah sebuah komponen lensa yang dapat digunakan untuk mengatur intensitas cahaya yang bakalan masuk kedalam kamera.

Baca Juga :  Cara mengisi shopeepay lewat atm bri sangat mudah

Selain menggunakan kamera kamu juga bisa menghasilkan foto bokeh memanfaatkan aplikasi adope Photoshop, dengan menggunakan efek field blur, irus blur dan juga tilt-shift blur.

Cara Membuat Efek Foto Bokeh

Berikut ini adalah beberapa langkah yang sobat kanalmu dapat lakukan dalam membuat efek foto bokeh memanfaatkan aplikasi photoshop.

  • Buka foto yang akan diberi efek bokeh. Agar mendapat hasil maksimal, pilihlah foto yang memiliki unsur kaya warna atau terdapat lampu-lampu di dalamnya.
  • Pilih salah satu fitur blur seperti field blur, Tilt-Shift blur, atau Iris Blur.
  • Kemudian buat efek bokeh menggunakan panel ‘Blue effect’.
  • Tekan tombol ‘OK’.

Adapun untuk penggunaan efek bokeh ini sendiri bergantung dengan hal lainnya seperti foto, pengolahan maupun lainnya.

Dan untuk sobat kanalmu yan ingin membuat video bokeh bisa memanfaatkan aplikasi komputer seperti adobe premier maupun editor video lainnya.

Itulah ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan Pengertian bokeh dan cara penerapannya dalam membuat foto bokeh.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan ini bisa memberikan cukup referensi dan manfaar.