Kalender Masehi Tahun 2022 Lengkap Jawa Hijriyah Dan Hari Libur Nasional

Kanalmu.com – Karena sangat pentingnya kalender dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah untuk menentukan hari efektif kerja untuk sebuah perusahaan atau hari efektif belajar mengajar bagi dunia pendidikan. 

Tidak hanya itu dengan adanya kalender atau dalam bahasa jawa tanggalan, kita semua bisa mengenal yang namanya hari, bulan dan juga tahun. 

Dengan demikian kita semua dimudahkan untuk mengurus masalah waktu, bayangkan saja tidak ada sistem perhitungan hari, bulan dan juga tahun. Yang kita ketahui hanyalah waktu siang dan malam saja.

Bisa jadi kamu tidak akan merayakan ulang tahun, karena tidak mengetahui tanggal, hari, bulan dan tahun berapa kamu lahir. 

Jenis Kalender Yang Populer di Indonesia

download kalender 2022 cdr lengkap jawa hijriyah

Untuk sobat muda saat ini akan lebih akrab dengan kalender masehi, namun mulai saat ini sobat bisa belajar lebih karena di indonesia ada 6 macam kalender yang saat ini populer digunakan banyak dari masyarakat indonesia. Adapun enam jenis kalender tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Kalender Masehi – Kalender ini sobat sudah pasti lebih kenal, karena kalender ini kita gunakan sehari-hari, dimana dalam kalender ini dibagi 12 bulan, seperti januari, februari, maret, april, mei, juni, juli, agustus, september, oktober, november, desember.  Untuk fungsi yang sering kita pakai adalah untuk mengetahui hari libur nasional.
  2. Kalender Hijriyah – Yang populer kedua adalah kalender hijriyah, dan kalender ini lebih banyak digunakan oleh umat islam, untuk menandai waktu beribadah, dan hari besar islam, seperti bulan puasa, syawal, hari raya qurban atau hari raya haji dan lain sebagainya.

  • Kalender Jawa – Untuk masyarakat jawa pastinya tidakasing dengan kalender jawa, dikarenakan hampir semua kegiatan masyaratak dijawa menggunakan tanggalan jawa untuk menentukan hari baik, sebagai contoh untuk menentukan hari baik membeli motor, nikah, khitanan, dan juga pindah rumah.

  1. Kalender Sunda – Tidah berbeda dengan kalender jawa, kalender sunda adalah sistem perhitungan hari bulan dan tahun sesuai dengan adat sunda. Yang mana juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari adat sunda.
  2. Kalender Saka – Memang kalender ini berasal dari india, yang dibawa oleh agama hindu ketika masuk diindonesia, jadi kalender saka ini juga sangat populer diindonesia terlebih bagi pemeluk agama hindu.
  3. Kaleder Saka Bali – Kalender saka bali ini sama dengan kalender saka, yang membedakan adalah adanya penyesuaian dengan adat istiadat masyarakat bali. Terlebih untuk untuk hari baik dan hari raya besar masyarakat pemeluk agama hindu bali.
Baca Juga :  √ Gambar Desain Template Kalender 2020 Unik Menarik elegan Lengkap

Hari Libur Nasional tahun 2022

Di indonesia sendiri bahwasanya ada beberapa hari yang ditetapkan menjadi salah satu hari nasional untuk libur bersama. Hari libur ini sifatnya resmi dan semua elemen harus mengikutinya dan memperingatinya. Adapun hari besar libur nasional 2022 adalah sebagai berikut ini.

  • 01 Januari  /Tahun Baru 2022 Masehi
  • 01 Mei  / Hari Buruh Internasional
  • 01 Juni /  Hari Lahir Pancasila
  • 17 Agustus / Hari Kemerdekaan NKRI
  • 24 Desember /  Cuti Bersama Hari Raya Natal
  • 25 Desember / Hari Raya Natal

Sebenarnya tidak cukup itu karena adanya hari besar islam, seperti idul fitri, idul adha dan juga hari raya implek untuk entis tionghoa. Namun itu akan kami update jika sudah mendapatkan informasi resmi dari pemerintah.

Kalender Masehi 2022 Lengkap Dengan Penanggalan Jawa Hijriyah

Bagi sobat kanalmu dimanapun berada yang sedang membutuhkan kalender 2022 lengkap , bisa download dibawah ini, untuk lebih mempermudah sobat kanalmu, kamu membaginya kalender menjadi setiap bulan. 

Download Template Master Kalender 2022 CDR Lengkap

Untuk sobat kanalmu yang sedang mencari referensi, terkait dengan master kalender tahun 2022 lengkap, baik itu dalam bentuk calender jawa, islam hijriyah dan juga masehi yang terdapat libur hari nasionalnya.

Untuk saat ini sobat kanalmu bisa unduh secara gratis melalui laman kanalmu ini, dimana kami sudah merilis format mentahan yang bisa di edit menggunakan aplikasi coreldraw. Adapun untuk mengunduhnya, silahkan cek pada laman [ Mockup Calender 2022 Cdr]

1. Bulan Januari 2022

download kalender januari 2022

Untuk sobat kanalmu yang memiliki agenda di bulan januari 2022, bisa menggunakan kalender diatas sebagai salah satu penanda waktu penting dibulan januari tahun 2022 ini.

2. Bulan Februari 2022

download kalender februari 2022

Untuk sobat kanalmu yang ada agenda penting, seperti lamaran, atau mempunyai hajatan pada bulan pebruari di tahun 2022 bisa ini menjadikan kalender diatas sebagai penanda agenda pentingnya.

3. Bulan Maret 2022

download kalender maret 2022

Mau melakukan pindah rumah pada bulan maret 2022, pastikan sobat kanalmu sudah menentukan hari baiknya, cocokkan dengan kalender jawa dan juga masehinya, agar tidak salah hari. Karena sesuai kepercayaan masyarakat jawa menentukan hari baik pindah rumah akan berdampak pada rezeki dan juga keselamatan penghuni rumah.

Baca Juga :  Kalender islam hijriyah bulan juni 2022 masehi lengkap

4. Bulan April 2022

donwload kalender april 2022

Rencanda ada mau membeli mobil baru pada bulan april ini, jangan lupa catat tanggal hari nya, dan pastikan sudah sesuai hari baik yang kamu tandai dengan weton kelahiranmu. Agar mobil yang sobat mau beli pada bulan april 2022 ini memberikan keberkahan dan awet tentunya.

Dan juga bulan puasa tahun 2022 akan jatuh pada bulan april ini, jadi bagi sobat kanalmu harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut bulan puasa tahun ini.

5. Bulan Mei 2022

download kalender mei 2022

Prediksi hari raya idul fitri untuk tahun 2022 kemungkinan akan jatuh sekitar tanggal 3 sampai dengan 5 bulan mei, jadi sobat kanalmu sudah mempersiapkan apa untuk lebaran tahun ini, bagaimana dengan angpao untuk saudara kecil kita, apakah sudah dipersiapkan, jika belum segera lakukan persiapan ya sobat kanalmu.

6. Bulan Juni 2022

download kalender juni 2022

Untuk sobat kanalmu yang habis lebaran dan pada bulan juni 2022 ini akan berencana membuka usaha, hari apakah yang sobat pilih , apakah sabtu pahing langkir menjadi pilihannya, jika iya hitunglah hari baiknya dengan weton sobat bikers, jika hari tersebut adalah tepat untuk memulai usaha.

7. Bulan Juli 2022

download kalender juli 2022

Apakah usaha yang sobat kanalmu buka tahun lalu menghasilkan profit yang lebih, dan pada bulan juli 2022 ini akan memberikan bonus sepeda motor pada karyawan anda, jangan lupa untuk mencari hari baiknya ya sobat kanalmu.

8. Bulan Agustus 2022

download kalender agustus 2022

Karena bulan agustus tahun 2021 sobat bikers tidak ada kesempatan yang lebih untuk merayakan hari kemerdakaan indonesia, apakah untuk bulan agustus tahun 2022 ini sobat kanalmu sudah mempersiapkan acara-acara untuk memperingati kemerdekaan indonesia. Jangan lupa hari dan tanggal sobat kanalmu akan membuat acara tersebut.

9. Bulan September 2022

download kalender september 2022

Ada rencana untuk mengkhitankan anak sobat kanalmu pada bulan september tahun 2022 ini, jangan lupa ya untuk memilih hari baiknya, agar diberi keselamatan dan keberkahan acara khitanannya.

10. Bulan Oktober 2022

download kalender oktober 2022

 

Kamu mau dilamar bulan Oktober 2022, Sudahkan menandai tanggal berapa yang akan kamu gunakan untuk lamaran, yang mana pastinya hari libur agar banyak yang datang ya acara lamarannya. 

Baca Juga :  Download Mockup Calender 2021 CDR 12 Lembar Untuk Dinding Bisa di Edit

11. Bulan November 2022

download kalender November 2022

Ada rencana liburan ke mana akhir bulan november ini, sudahkan mempersiapkan segala sesuatunya, jangan lupa sobat kanalmu untuk menandai dam mulai hitung mundur dari sekarang, kurang berapa hari lagi sobat kanalmu akan berangkat liburan.

12. Bulan Desember 2022

download kalender desember 2022

Apakah sobat bikers kanalmu, ada jadwal touring dengan komunitas motornya pada bulan desember 2022 ini, jika iya segera tentukan dan lakukan broadcast ke komunitas kamu, agar bisa mempersiapkan segala sesuatu dan rute perjalanan touring tentunya.

Download File Kalender 2022 , Excel, Pdf

Apabila sobat kanalmu membutuhkan file excel dan bisa diconvert ke pdf, kamu bisa download data yang sudah kanalmu siapkan berikut. File berikut bisa sobat redesain ulang sesuai dengan kebutuhan, namun jangan lupa untuk bantu share ulasan informasi ini, jika sudah download, melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan juga whatsapp. [Download Kalender 2022 xls, pdf]

Download Template CDR Kalender Jawa Hijriyah Lengkap

Bagi sobat kanalmu yang mencari template kalender CDR yang bisa diedit dan disesuaikan tahun dan bulannya bisa melalui laman template kalender cdr berikut. [Download file Template CDR Kalender]