Hari baik potong rambut agar hasilnya keren serta mendatangkan keberuntungan dan keberkahan

Kanalmu.com – Rambut merupakan mahkota yang indah dan jika dalam penataannya akan menjadikan penampilanmu semakin keren, elegant tentunya. Namun jika rambut ini dibiarkan dalam jangka waktu cukup lama akan panjang, karena rambut senantiasa tumbuh. 

Maka dari itu agar kamu bisa berpenampilan keren, rapi maka harus kamu melakukan potong rambut sesuai dengan model potong rambut keren baik untuk cewek, cowok, anak-anak dan dewasa.

Akan tetapi melakukan potong rambut dalam masyarakat jawa ada anggah ungguhnya salah satunya adalah dengan menentukan hari baik potong rambut, karena jika kamu potong rambut pada hari baik, akan menjadikan penampilan semakin keren dan mendapatkan keberuntungan serta keberkahan.

Dan dalam keyakinan jawa menyampaikan bahwasanya tidak hanya mendatangkan keberkahan, memotong rambut adalah salah satu ritual sakral yang tidak bisa dilakukan pada sembarang hari. 

Tidak hanya dalam keyakinan jawa bahwasanya hari baik dalam potong rambut juga ada dan diyakini dalam masyarakat pemeluk agama islam.

Namun sebelum membahas hari baik potong rambut, sebaiknya sobat kanalmu juga memahami beberapa hal terkait mengapa orang laki-laki, wanita, dan anak-anak harus melakukan potong rambut secara rutin.

Inilah alasan potong rambut

har baik potong rambut

Adapun memotong rambut ini, pada dasarnya memiliki beberapa alasan, dan berikut ini adalah beberapa alasan yang sering dijadikan mereka melakukan potong rambut.

1. Penampilan agar lebih rapi

Rambut panjang jika diurus akan memberikan kesan yang nampak elegan, namun tidak semua orang baik cewek maupun cowok yang memiliki waktu lebih dalam melakukan perawatan pada rambut, maka dari itu pilihan memotong rambut secara rutin adalah pilihan tepat agar bisa berpenampilan selalu rapi dan keren.

2. Sebagai media pembuang sial

Tidak sedikit masyarakat percaya bahwasanya denga melakukan potong rambut pada hari baik bisa membantu membuang sial pada dirinya. 

Baca Juga :  8 Ciri-ciri Gairah Wanita Menurut Primbon Jawa Lengkap

Karena mereka beralasan bahwasanya sial akan ikut terbuang saat rambut kamu terpotong, dengan demikian beban hidup kamu akan lebih beruntung dan penuh keberkahan.

3. Karena masalah rambut rontok, cabang dan rusak

Dan karena disebabkan karena masalah rambut seperti rontok, kering, dan bercabang sehingga rusak kemudian mereka melakukan potong rambut agar lebih rapi keren dan elegan. Dan ini adalah salah satu tips ampuh menangani rambut yang bermasalah.

Hari baik potong rambut dalam islam dan primbon

Seperti yang kanalmu sampaikan sebelumnya, pada dasarnya semua hari adalah baik namun dalam masyarakat islam dan jawa sesuai kitap primbonya ada beberapa hari yang sangat baik dan memberikan keberkahaan saat melakukan potong rambut.

1. Hari baik potong rambut menurut islam

Sesuai hukum islam dan tepatnya pendapat dari imam syafi’i hari baik potong rambut menurut islam adalah hari jumat. Bukan hanya untuk potong rambut bahwasanya hari jumat juga merupakah hari baik untuk potong kuku dan juga bulu.

Yang mana sebagian ulama juga berpendapat bahwasanya memotong rambut, kuku dan bulu pada hari jumat selain adalah baik juga akan mendatangkan pahala, karena merupakan salah satu amalan sunnah.

2. Hari baik potong rambut menurut primbon jawa

Dalam kitap primbon jawa bahwasanya setiap hari memiliki watak nilai berbeda, sehingga tidak semua hari dalam jawa bisa dilakukan untuk potong rambut, karena jika salah hari bisa jadi malah mendatangkan kesialan bagi yang melakukan potong rambut.

Dan dalam kitab primbon hari baik potong rambut terdapat pada hari senin, kamis dan jumat dan jika terdapat hari diluar itu sebaiknya kamu hindari jika kamu berpegang teguh dengan adat istiadat jawa.

Baca Juga :  Perhitungan hari baik jawa buka usaha weton kelahiran minggu pon

Adapun berikut ini adalah penjelasan hari baik potong rambut sesuai dengan kitab primbon jawa, yang mana mendatangkan manfaat keberkahan dan juga keberuntungan.

hari baik potong rambut

  • Hari Senin 

Bagi sobat kanalmu yang potong rambut pada hari jumat akan menjadi lebih alim(Pintar dan fadil (menjadi yang utama)).

  • Hari Kamis

Bagi kamu yang sering potong rambut hari kamis akan mendapatkan keberuntungan kelebihan rezeki dan kekayaan.

  • Hari Jumat 

Bagi anda yang potong rambut hari jumat akan mendapatkan ilmu bermanfaat dan santun.

Memang dalam adat jawa masih dipegang dengan erat untuk adat istiadatnya yang mana memiliki nilai luhur, dalam setiap aktifitas dan tindak tanduk dalam berbagai kegiatan diatur dengan baik dan teratur, maka itulah mengapa banyak yang menyebutkan bahwasanya jawa memiliki budi perkerti adi luhung.

Dan tidak mengherankan jika sampai dalam hal kecil apapun seperti potong rambut memiliki panduan yang harus dijalankan. 

Mudah-mudahan melalui informasi yang kanalmu sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi semuanya dan terutama bagi masyarakat jawa dan umumnya yang saat ini sedang belajar budi pekerti adat jawa.